Kementerian Kesehatan Bakal Mengkaji Efek Air Dari Rebusan Pembalut - SitusInfoPedia | SitusInfoPedia.com

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 08 November 2018

Kementerian Kesehatan Bakal Mengkaji Efek Air Dari Rebusan Pembalut

Kementerian Kesehatan Bakal Mengkaji Efek Air Dari Rebusan Pembalut

INDONESIA - Kementerian Kesehatan mengaku belum mendapatkan laporan langsung soal hebohnya remaja di Jawa Tengah yang mabuk dengan menggunakan rebusan pembalut dan popok. Perilaku tersebut sangat disayangkan oleh banyak pihak.

Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, dra Engko Sosialine Magdalene, Apt, MBiomed mengatakan pihaknya akan mengkaji dan mempelajari efek dari rebusan pembalut tersebut bagi tubuh.

Baca Juga



situs qq uang asli terbaik dan terpercaya

SITUS JUDI QQ TERBAIK



"Saya nggak bisa bayangkan mekanisme efeknya ya, jadi saya mesti pelajari dulu Mbak," ujarnya dikutip oleh SitusInfoPedia.com saat ditemui di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Kamis (8/11/2018).

Engko tidak bisa menanggapi banyak hal mengenai hal ini karena belum ada data dan kajian mengenai rebusan pembalut yang dibuat untuk mabuk-mabukan.

"Kita akan mempelajari kenapa, apa ada gel-gel isinya apa. Kita nggak bisa kalau tanpa data dukung yang lebih jelas. Nanti kita lihat komposisinya pembalut itu mengandung apa," jelasnya.

Tren mabuk dengan rebusan pembalut dan popok ini menurut Kepala Bidang Pemberantasaan (Kabid Brantas) Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng AKBP Suprinanto di Jawa Tengah mulai marak sejam beberapa bukan lalu. Biasanya hal ini dilakukan oleh anak jalanan

"Pertama ketemu itu di Kudus, sekitar 3 bulan lalu. Kita kemudian meminta bantuan kepada psikolog," kata Suprinanto.

Dokter Ingatkan Resiko Tidak Baik Untuk Ginjal



Baru-baru ini ramai lagi kabar tentang kenakalan remaja di Jawa Tengah. Mereka mabuk-mabukan dengan meminum air rebusan pembalut. Disebutkan, para remaja tersebut mengaku 'nge-fly' setelah meminum air rebusan tersebut.

"Namanya anak dan remaja memang suka penasaran, dan seringnya tidak mendapat informasi yang benar," kata dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN) membuka obrolan dalam pesan singkat kepada SitusInfoPedia, Rabu (7/11/2018).

Nah karena itu para remaja perlu tahu nih akibat buruknya bagi kesehatan. Menurut dr Hari, efek dari meminum air rebusan pembalut tersebut tentunya punya ancaman yang bahaya bagi kesehatan. Apalagi ada banyak zat kimia yang terdapat di dalamnya.

"Paparan zat-zat kimia yang tidak jelas dalam jumlah banyak akan dapat menyebabkan gangguan organ tubuh," jelas dr Hari.

"Dari ginjal, hati, dan yang lainnya bahkan kalau ada zat yang bersifat karsinogenik bisa berisiko menyebabkan kanker," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here