Cara buat email Gmail

Cara Buat Email Gmail Paling Cepat & Mudah

Posted on

Cara buat email Gmail paling cepat dan mudah bisa kamu temukan dalam artikel ini. Tidak perlu pusing dan bingung lagi langkahnya, karena pasti berhasil! Gmail sendiri, merupakan jasa penyedia surat elektronik dari Google yang juga menjadi akun basis untuk mengoperasikan telepon pintar Android. Sekarang, siapa saja bisa mendaftar Gmail, meskipun dulu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa karena menerima undangan eksklusif.

Coba ingat-ingat lagi, dulu kamu hanya bisa membuat akun kalau ada teman yang mengundangmu untuk membuatnya. Tujuannya agar email asli Google ini menjadi konsumsi elit dan tidak dimiliki banyak orang dalam sekali waktu. Akibatnya, kamu punya ruang penyimpanan Cloud yang agak besar, lebih besar dari penyedia jasa surat elektronik lainnya.

Kelebihan lainnya adalah Gmail mandiri, tidak menggantungkan pada operasional iklan. Atas dasar itu, Gmail menjadi populer karena operasionalisasinya tidak terganggu. Kalau pun ada iklan, itu hanyalah penempatan yang dilakukan oleh peramban, bukan situs Gmail sendiri.

Tanpa ba bi bu lagi, yuk kita bahas mengenai Gmail!

Kelebihan Gmail dibandingkan penyedia jasa email lain

Sebelum membahas cara buat email Gmail, ketahui lebih dulu kelebihan-kelebihan Gmail dibandingkan yang lain.

Gmail punya kelebihan untuk menyaring spam

Algoritma Gmail sangat canggih sehingga bisa memfilter email spam yang menyebalkan. Dengan demikian, keamanan akun kamu bakal lebih terjamin. Tidak ada lagi spam yang membanjiri inbox dan malah menenggelamkan email yang benar-benar penting. Tidak hanya spam, bahkan juga phising iklan serta virus yang sengaja disebarluaskan.

Bisa diakses bebarengan dengan Google Hangouts

Kita bisa sekaligus bersosialisasi ketika membuka akun Gmail dengan memanfaatkan fitur Google Hangouts. Posisinya ada di sebelah kiri layar. Selain dapat bertukar pesan, kamu juga bisa melakukan panggilan video.

Akses Gmail meski offline

Terkadang email menjadi penyimpanan data. Karena itu, kita tidak hanya menggunakannya sebagai alat berbalas surat elektronik. Kamu juga bisa mengakses data itu meski tidak terhubung internet. Caranya dengan memasang ekstensi Gmail di peramban Google Chrome. Coba saja kalau tidak percaya.

Register data diri akun email Google
Register data diri akun email Google.
Sumber: Review Laptop dan Gadget Terbaru

Sudah cukup kita membahas tentang kelebihan-kelebihan akun Gmail. Meskipun sebenarnya masih ada banyak kelebihannya yang lain (misalnya integrasi dengan calendar dan lain sebagainya), lebih baik kita bahas cara buat email Gmail saja.

Cara buat email Gmail

Caranya sangat mudah sekali, langsung saja kamu akses ke alamat Google Mail. Begitu halaman terbuka, akan ada opsi untuk login atau membuka akun baru, nah, pilihlah buka akun baru. Login itu nanti dipakai kalau email kamu sudah terdaftar dan terverifikasi. Login ini juga bisa membuat kamu mengakses fitur-fitur lain dari Google misalnya GDrive, GForms, dan lain sebagainya.

Kalau sudah mengklik buat akun baru, maka akan keluar kota dialog seperti gambar di atas. Kotak ini merupakan formular yang harus diisi dengan data diri kamu. Coba isi dengan sebenar-benarnya ya, karena email ini nantinya membutuhkan verifikasi dan dalam jangka panjang juga lebih bagus kalau diisi data sesungguhnya.

Pilih nama pengguna, carilah yang unik dan tiada duanya namun kamu sendiri tidak akan lupa. Kebanyakan kasus orang membuat nama pengguna terlalu unik sampai-sampai dianya sendiri lupa dan tidak bisa mengakses akunnya.

Ini memang dilematis, sih, karena kalau terlalu pasaran, nama penggunanya pasti udah diambil orang. Sekedar saran, kombinasikan huruf besar, kecil, dan angka untuk menciptakan nama pengguna yang benar-benar unik.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengisi bagian kata kunci email. Kamu memang bisa menggantinya nanti, tetapi lebih baik isi kata kunci dengan karakter atau kata yang benar-benar hanya kamu tahu. Hindari mengisinya dengan menggunakan tanggal kelahiran karena cenderung lebih mudah ditebak.

Sekedar tips agar tidak lupa ke depannya, kata kunci bisa kamu cadangkan di sebuah memo. Ini akan sangat berguna, apalagi untuk kamu yang mudah lupa.

Kalau semua kolom sudah terisi, coba cek kembali apakah ada yang terlewat atau tidak. Kalau pelru, catat semua data kamu. Begitu sudah yakin, klik daftar dan centangi persetujuan bahwa kamu akan mematuhi semua persyaratan.

Jendela "Buat Akun Google Anda"
Jendela “Buat Akun Google Anda”.
Sumber: Galeri Pustaka

Voila, dan kini kamu sudah mempunyai akun email Google. Hanya sjaa prosesnya tidak berhenti sampai di sini saja. Kamu masih harus melakukan verifikasi terhadap nomor telepon yang kamu gunakan mendaftar. Selain itu, lebih baik lagi kalau kamu menyertakan juga email darurat apabila terjadi hal-hal gawat.

Buat email Gmail di telepon pintar

Tanpa menggunakan komputer, kita juga bisa membuat akun Gmail di telepon pintar. Lebih praktis karena tinggal klik dan ketik di genggaman tangan. Selain itu, kamu juga langsung bisa memanfaatkannya untuk mendaftar ke berbagai aplikasi yang ada di sistem operasi Android.

Lalu bagaimana cara buat email Gmail di telepon pintar?

Pertama, bukalah opsi pengaturan yang ada di telepon pintar. Opsi pengaturan merupakan pusat layanan terpadu untuk melakukan seluruh pengaturan di telepon pintar. Kalau sudah, gulir ke bawa di seksi akun dan pilih opsi tambah akun untuk melakukan pembuatan email Google, pilih ikon Gmail.

Setelah itu, bakal keluar opsi seperti kalau membuka gmail.com di komputer pada sub bahasan sebelumnya. Kamu tinggal mengikuti cara yang sama, lalu tekan tombol next pada tiap dialog box. Perhatikan agar jangan sampai ada yang kelewat ya sampai pada tahap akhir. Kalau sudah di persetujuan pengguna, centangi saja. Selamat, kamu sudah berhasil melakukan pembuatan email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *