empat orang berdiri cari cara daftar go ride

Cara Daftar Go Ride: Cepat Diterima & Mudah

Posted on

Cara daftar Go Ride yang membuat pendaftar cepat diterima dan mudah dilakukan? Kamu bisa temukan pembahasan soal itu di dalam artikel ini! Tenang saja, cara daftar Go Ride sudah dijamin gampang banget, asalkan kamu mengikuti instruksi yang akan dijelaskan di bagian isi artikel. Kok bisa bilang gampang?

Tentu aja, karena semua hal terkait pendaftaran bisa dilakukan secara online, yang mana sudah tidak memerlukan registrasi via SMS atau surat elektronik seperti dulu. Malahan untuk era sekarang, kedua metode komunikasi itu malah tidak bisa dipakai sama sekali karena Gojek sudah bermigrasi sepenuhnya.

Langkah pertama yang harus diketahui kalau ingin mendaftar ke Gojek, baik untuk Go Ride ataupun Go Car, ialah mengisi formulir. Formulir apa itu? Itu adalah formulir pendaftaran yang bisa dikunjungi dengan meng-klik tautan berikut.

Cara daftar Go Ride pertama: isi formulir

Apakah kamu sudah meng-klik link tersebut? Kalau sudah di-klik dan halaman pendaftaran terbuka lengkap, maka akan tersedia formulir pendaftaran berisi kolom-kolom yang harus diisi. Isilah berbagai kolom tersebut dengan data sebenar-benarnya agar tidak menyusahkan di kemudian hari.

Kenapa bisa menyusahkan?

Soalnya data di formulir akan dipakai sebagai profil pengenalan ketika kita bekerja. Itu artinya kalau kita mengisinya dengan data palsu, maka akan mempengaruhi reputasi pengemudi. Ujung-ujungnya yang sering terjadi adalah permasalahan administrasi.

Kan tidak lucu, semisal kita sudah bekerja seharian penuh tetapi karena ada ketidaksesuaian data, poin yang diperoleh tidak bisa dihitung. Itulah kenapa data diri harus diisi dengan benar karena data tersebut juga menunjukkan perihal kepercayaan antara tiga pemangku kepentingan; konsumen, kantor Gojek, serta pengemudi Go Ride.

Sekali lagi, pastikan mengisi data dengan sebenar-benarnya. Mengisi data dengan benar akan mempermudah proses pendaftaran yang itu artinya bermanfaat bagi kita sendiri. Data palsu akan sulit diverifikasi sehingga menghambat proses pendaftaran di mana kita malah menanggung kerugian dalam proses tersebut.

Pengemudi Go Ride berkumpul dan parkir di area parkir pinggir jalan
Pengemudi Go Ride berkumpul dan parkir di area parkir pinggir jalan.
Sumber: daftar.go-ride.com

Pastikan nomor telepon aktif dan dapat dihubungi

Setelah melewati proses pengisian formulir, maka tugas selanjutnya ialah mengisi bagian nomor telepon yang bisa dihubungi. Pengisian ini memerlukan kecermatan karena nomor telepon tersebut akan dipakai sebagai alat penerima pesan kode OTP (one-time password) atau kata kunci sekali pakai. Kode OTP terdiri dari empat digit angka. Gojek akan mengirimkannya ke nomor HP kita, agar digunakan sebagai metode verifikasi.

Masukkan kode OTP tersebut ke halaman pendaftaran yang sudah diisi sebelumnya. Cek lagi kolom nomor HP bagi yang belum menerima OTP, karena kemungkinan besar kesalahan ada pada kealpaan terhadap isian nomor HP. Ada juga banyak kasus yang mengeluhkan kode OTP membutuhkan waktu agar lama untuk sampai. Maka tidak heran kalau kedatangan kode OTP di kotak pesan, membutuhkan waktu agak lama.

Sekedar informasi, nomor telepon yang diunggah di sini, dapat memanfaatkan lebih dari satu nomor selular. Sedangkan untuk alamat tempat tinggal, tidak bisa. Kita hanya boleh memasukkan satu alamat tempat tinggal saja yaitu tempat yang memang kita tinggali.

Persiapan selanjutnya adalah dokumen digital atau hasil scan dokumen berformat pdf, gif, jpg, atau jpeg

Setelah mengisi dan menyelesaikan seluruh kolom pendaftaran, tugas selanjutnya ialah menyiapkan dokumen atau berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas-berkas tersebut dipindai agar menjadi format digital sehingga dapat ditautkan di situs pendaftaran. Arsip digital dokumen tadi, haruslah tersimpan dalam salah satu format berikut: pdf, gif, jpg, atau jpeg.

Total arsip seluruh dokumen tidak boleh lebih dari 10 MB karena akan mengganggu proses unggahan dan memenuhi server Gojek. Jadi usahakan berada di angka tersebut ya. Kalau file hasil pindaian kamu bobotnya lebih, gunakan aplikasi untuk mengkompres arsip. Arsip-arsip ini biasanya meliputi dokumen-dokumen terkait yang memperbolehkan kita untuk mengemudi di jalan raya.

Contohkan saja SIM, STNK, dan KTP. Ada satu dokumen yang harus dipersiapkan dengan agak repot, yaitu SKCK. Kita harus ke kantor polisi untuk dapat mengurus surat ini. Jadi kalau bisa, siapkan jauh-jauh hari saja agar proses pendaftaran dapat terus berjalan.

Driver Go Ride membonceng pelanggan wanita
Driver Go Ride membonceng pelanggan wanita.
Sumber: ID Techinasia

Proses lanjutan

Kalau semua dokumen sudah diunggah, kita akan menuju langkah selanjutnya. Tetapi tunggu dulu, pastikan juga agar dokumen-dokumen unggahan berada dalam kondisi bagus ya. Artinya arsip tidak rusak dan tulisan-tulisan di dalamnya terlihat jelas. Jangan sampai kita mengunggah dokumen buram karena ketika diverifikasi pihak Gojek, akan disuruh mengulangi pemindaian document tersebut.

Cek semua data yang sudah diisi, pastikan tidak ada kesalahan sama sekali atau terlewat untuk diisi. Kesalahan ini termasuk kealpaan mengisi data seperti typo. Isi dengan cermat dan kita akan beranjak pada proses berikutnya yang tentunya juga mudah; yaitu menunggu panggilan atau pengumuman dari pihak Gojek.

Pemberitahuan dari pihak Gojek akan dikirimkan dengan SMS. Jadi jangan sampai telepon genggam kamu mati atau nomor tidak aktif karena berada di luar gangguan sinyal. Pesan konfirmasi itu berupa ucapan selamat sudah diterima, juga ajakan untuk datang ke kantor Gojek terdekat. Pada titik ini, kamu akan dipersiapkan dengan segala macam kebutuhan pengemudi Go Ride seperti jaket dan helm.

Langkah terakhir ialah mengunduh aplikasi Go Ride sebagai alat komunikasi antara pengemudi dengan pelanggan. Jadi jangan biarkan memori telepon penuh agar kita bisa mengunduh aplikasi tersebut. Setelah diunduh, masuk ke dalam aplikasi memakai akun yang kita daftarkan tadi. Selamat, kini kamu sudah siap menerima berbagai pesanan pelanggan yang tersaji dalam aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *