cara daftar gofood

Cara Daftar Gofood: Mudah, Murah, & Berhasil

Posted on

Cara daftar Gofood ternyata mudah. Apalagi kalau mengikuti prosedur dalam artikel ini, bisa dipastikan ongkosnya murah dan kemungkinan berhasil tinggi. Mungkin beberapa orang masih bertanya, kenapa harus Gofood sementara ada strategi-strategi jualan lain. Ternyata kelebihan Gofood adalah mudah dikenali oleh pengguna aplikasi Gojek yang jumlahnya tidak bisa dianggap remeh.

Itulah yang jadi keseksian dari layanan Gofood dari Gojek, sehingga banyak pengusaha makanan ingin tergabung jadi mitra. Mereka melihat Gofood sebagai sebuah platform yang dikunjungi banyak orang sehingga bisa berjualan dengan laris. Daripada harus buang duit untuk bayar iklan baliho, flier, dan semacamnya, Gofood terlihat lebih menjanjikan.

Itu sedikit soal Gofood, lalu bagaimana untuk bergabung di dalamnya? Sekedar informasi, para “tenant” yang tergabung dalam Gofood seringkali disebut dengan “mitra Gofood”. Tanpa berpanjang lebar lagi, langsung saja kita ulas, yuk!

Metode singkat cara daftar Gofood

Ada dua metode yang bisa digunakan untuk mendaftar Gofood. Metode pertama, menggunakan cara mudah yaitu langsung mengisi registrasi di laman resmi Gofood itu sendiri. Laman resminya bisa dikunjungi di tautan berikut yang terkoneksi ke registrasi bisnis Gofood.

Ketika memasuki situs Gojek, tepatnya di laman Gofood, maka kamu akan menemukan tiga pilihan yang menghadang. Tiga pilihan itu adalah; daftar akun Gofood baru untuk perorangan; daftar akun Gofood baru untuk perusahaan; serta penambahan cabang baru.

Pilihan pertama diperuntukkan bagi badan usaha perseorangan yang tidak memiliki akun Gofood. Sedangkan pilihan kedua, dikhususkan badan usaha perusahaan alias yang sudah memiliki status sebagai CV atau PT namun tidak mempunyai akun Gofood. Terakhir, opsinya bisa digunakan bagi keduanya (perseorangan atau perusahaan) yang sudah mempunyai akun namun ingin menambah cabang.

Mana, nih opsi pilihan kamu? Pilih yang benar-benar sesuai, ya. Karena sekalinya data sudah masuk ke server, kamu akan kesulitan untuk melakukan pengubahan akibat penjagaan keamanan data pelanggan yang ketat dari pihak Gojek. Tentukan dengan seksama, jangan sampai udah pernah daftar tapi malah milih opsi satu atau dua.

Empat petinggi Gojek memegang tagline baru LebiHepi untuk Gofood
Empat petinggi Gojek memegang tagline baru LebiHepi untuk Gofood.
Sumber: Marketeers

Kalau kamu sudah memilih opsi yang sesuai, tampilan selanjutnya akan memunculkan laman registrasi berisi kuesioner  data atau profil usaha kuliner kamu. Isi berbagai macam pertanyaan yang tersedia dengan jawaban lengkap tanpa menyisakan jawaban tidak valid ya. Biasanya, pertanyaan kuesioner berupa antara lain; alamat usaha utama atau tempat produksi makanan (dapur); informasi tentang pemilik usaha; pendataan mengenai akun, rekening, serta cara pembayaran; juga informasi mengenai retail yang tersedia; serta tidak ketinggalan soal syarat & ketentuan.

Pastikan agar semua sudah terisi dengan lengkap dan benar. Apabila bingung mengisinya, kamu bisa mengambil data dari dokumen resmi pemerintah seperti Kartu Tanda Penduduk; Nomor Pembayaran Wajib Pajak; atau sertifikat tanah & bangunan.  Setelah terisi, klik pada opsi “Saya bukan robot” sampai tanda centang muncul, lalu klik “submit” untuk mengirimkan data yang sudah diisi ke server Gojek.

Apakah tahapan pendaftaran sudah selesa? Belum, tidak secepat itu Ferguso! Ini baru tahap awal yang akan mengiringi kamu ke fase verifikasi. Ada dua tahap verifikasi, yang pertama menggunakan alamat email yang kamu daftarkan. Email dari Gojek itu juga berisi panduan lanjutan untuk meneruskan ke tahap selanjutnya. Jadi, pastikan untuk mengecek email secara rutin, ya!

Dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan

Bila email dari Gojek sudah diterima, langkah selanjutnya adalah mengikuti panduan-panduan yang tercantum di dalamnya. Tahapan berikutnya ialah mengunggah skanlasi dokumen-dokumen terkait untuk menunjukkan bahwa usaha kuliner kamu benar-benar valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Lakukan verifikasi email terlebih dahulu, baru kita bisa mengunggah dokumen-dokumen yang menjadi syarat pendaftaran fase ke dua. Kalau email sudah diverifikasi, selanjutnya siapkan skanlasi dokumen-dokumen berupa soft file dari; Kartu Tanda Penduduk pemilik; Nomor Pokok Wajib Pajak pemilik (tidak wajib); buku tabungan disertai nomor rekening; Kartu Keluarga (tidak wajib); foto pemilik memegang KTP & KK; terakhir ialah memastikan semua foto nampak jelas di mana tulisannya bisa dibaca.

Kumpulan mitra Gofood berfoto di depan kios makanan
Kumpulan mitra Gofood berfoto di depan kios makanan.
Sumber: Radar Bandung.id

Ketika semua dokumen sudah terunggah, maka tugas selanjutnya ialah menunggu verifikasi tahap dua dari pihak Gojek. Verifikasi pada tahap ini berhubungan dengan diterima atau tidaknya kamu sebagai mitra Gojek. Tentu kalau sudah berusaha sejauh ini, pasti ingin diterima kan? Namun kalau kamu mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan secara runtut serta benar dari awal sampai akhir, besar persentase usaha kuliner yang kamu daftarkan akan diterima.

Tahap verifikasi ke dua, membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua minggu. Jadi kamu bisa beristirahat lebih dulu setelah berusaha keras mendaftar. Berbeda dengan verifikasi tahap pertama yang cenderung acak dan bisa sewaktu-waktu.

Pakai aplikasi GoBiz

Ini nih metode ke dua dari cara mendaftar sebagai mitra Gofood. Gojek sendiri mengeluarkan aplikasi GoBiz di mana fungsinya sebagai pengatur relasi bisnis antara Gojek dan pengguna aplikasi. Termasuk di dalamnya ada fitur Gofood lengkap dengan cara daftar Gofood. Selain itu, ada juga fitur Gopay, Point of Sales, serta Program Promo.

Caranya, unduh dan pasang aplikasi GoBiz di telepon selulermu. Lalu, klik daftar Gofood dan kamu tinggal mengikuti prosedur seperti pada metode pertama yang sudah dijelaskan pada dua sub bahasan sebelumnya. Namun sebenarnya mendaftar di GoBiz mempunyai kelebihan lebih simpel daripada metode pertama.

Kamu tinggal undah dan pasang GoBiz; lalu daftar Gofood; lengkapi data usaha; dan menunggu pengumuman lolos atau tidak. Kalau lolos, kamu bisa langsung mengaktifkan akun restoranmu untuk berjualan!

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *