cara daftar grabbike

Cara Daftar Grabbike Terbaru: Cepat & Pasti Diterima

Posted on

Cara daftar Grabbike seringkali dicari oleh mereka pencari kerja yang ingin gabung di perusahaan Grab. Tidak perlu heran, soalnya Grabbike memang banyak peminatnya. Mulai dari para pencari kerja yang ingin mendapatkan pendapatan bagus, sampai konsumen dengan jumlah berjibun. Apalagi dengan penyesuaian tarif ojek online yang telah disahkan sejak Januari 2020 lalu, maka potensi pendapatan besar bisa diperoleh di sini.

Memang luar biasa Grab, di belakang kesuksesannya ada kepercayaan yang tinggi dari pelanggan. Kepercayaan tinggi tersebut diperoleh dari kualitas dan standar layanan yang ditawarkan Grab. Maka para calon ojol Grabbike haruslah bisa memenuhi kualitas dan standar layanan itu, kalau ingin diterima oleh Grab.

Sebenarnya syarat-syaratnya cukup mudah dipenuhi. Selain faktor administrasi, ada juga syarat yang harus dipenuhi dari faktor kendaraan. Grab tidak mensyaratkan kendaraan yang harus bagus banget, cukup yang bisa memberikan kenyamanan berkendara saja.

Nah, karena itu lebih baik kita bahas lebih dulu tentang syarat-syarat yang dibutuhkan untuk melamar Grabbike. Ikuti saja cara daftar Grabbike dalam artikel ini, kemungkinan lolosnya besar!

Cara daftar Grabbike yang pertama adalah memenuhi syarat kendaraan bermotor

Pada dasarnya semua jenis motor dari berbagai macam merek bisa didaftarkan. Asalkan pengaturannya masih bawaan pabrik dan bukan kendaraan hasil modifikasi yang bisa membahayakan keselamatan. Namun, ada juga satu jenis motor yang ditolak misalnya seperti Kawa**** KLX yang termasuk dalam kriteria motor trekking. Motor trekking ialah motor yang digunakan dalam kegiatan cross, trill, dan lain-lain yang sejenis.

Motor modifikasi juga dilarang karena biasanya telah melewati batas standar keamanan nasional. Misal modifikasi agar akselerasi dan lari motor tambah kencang, knalpot yang suaranya dibuat bising, termasuk pengubahan bentuk ban. Kan, banyak modifikasi yang mengganti ban dengan ring yang lebih kecil, tipis, lebar, atau besar.

Oiya, kita juga harus mempunyai surat-surat kendaraan yang masih berlaku, ya. Jangan sampai motor yang dipakai hanyalah motor bodong karena bisa dicurigai sebagai motor curian.

wanita tersenyum di depan banner grabbike
Wanita tersenyum di depan banner grabbike.
Sumber: Medcom.id

Selain itu, sebenarnya masih ada syarat lain yang ditetapkan untuk kendaraan bermotor. Syarat tersebut adalah tahun pembuatan atau perakitan kendaraan. Hanya saja ada perbedaan yang berlaku antara kendaraan di kota-kota besar dan daerah lain. Kendaraan yang dipakai di kota-kota besar haruslah berasal dari jenis yang tahun pembuatan atau perakitannya di 2009.

Sementara untuk daerah-daerah lain, boleh memakai yang tahun perakitannya atau pembuatannya lebih lama yaitu 2008. Ini dikarenakan untuk menjaga kenyamanan pelanggan, apalagi kota-kota besar seringkali mengalami kemacetan. Kondisi itulah yang membuat Grab mengharuskan pemakaian kendaraan yang dibuat atau dirakit tahun lebih baru, karena diharapkan lebih nyaman dan handal menghadapi masalah lalu-lintas.

Syarat daftar yang berhubungan dengan administrasi

Setelah kita bisa memastikan kendaraan sekiranya lolos tes, baru selanjutnya membahas soal syarat administrasi pendaftaran Grabbike. Kenapa begitu? Soalnya syarat administrasi cenderung lebih mudah dibuat atau dicari. Sedangkan khusus untuk kendaraan bemotor, membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Coba bayangkan kalau kita lolos syarat administrasi, tetapi tidak punya motor? Bagaimana Grabbike-nya mau dijalankan? Ini semacam perdebatan lucu, yang lebih simpel daripada diskusi “mana yang lebih dulu antara ayam atau telur”. Udah, daripada ngelantur, lebih baik langsung kita bahas saja.

Syarat pertama yang dibutuhkan adalah usia pelamar tidak lebih dari 55 tahun. Ini untuk menjaga agar kondisi fisik ojol tidak mudah lelah atau mengalami masalah yang justru bisa menghambat pekerjaan di lapangan. Syarat tersebut juga diikuti dengan surat sehat jasmani dan rohani untuk mendukung keabsahannya.

Syarat ketiga, adalah KTP yang masih berlaku ditambah dengan Kartu Keluarga atau formulir C 1. Nah, kalau alamat KTP berbeda kota dengan tempat tinggal, maka kita juga mesti melampirkan Surat Keterangan Domisili dari pihak berwenang. Lalu tambahkan juga kopian SIM C, SKCK, dan STNK kendaraan milik kita. Kalau semua syarat tersebut sudah ada, kita bisa langsung mengisi formulir pendaftaran di kantor Grabbike setempat. Kalau belum ada waktu atau berhalangan menuju kantor Grabbike, cukup mengisi lewat daring saja.

Ojol Grab menyerahkan helm ketika menjemput pelanggan
Ojol Grab menyerahkan helm ketika menjemput pelanggan.
Sumber: Grab

Caranya mudah saja, yaitu langsung menuju ke alamat resmi Grab. Begitu masuk ke dalam web, langsung klik tombol “Bergabung dengan Grab”. Nah, berikutnya muncul pilihan antara Grabbike atau Grabexpress Driver. Tentu saja kita pilih Grabbike karena mau melamar ke posisi itu.

Halaman kemudian beralih ke formulir isinya tentang data diri. Langsung saja ya, diisi dengan cepat dan lengkap. Jangan sampai salah informasi karena akan merepotkan proses registrasi setelahnya. Khusus pada kolom “referensi” cukup masukkan angka 0 saja kalau kamu tidak memperoleh referensi dari siapa-siapa.

Pastikan semua kotak dalam formulir sudah terisi, langsung kita klik kotak di depan kolom “Saya menyetujui syarat & ketentuan berlaku” sampai keluar tanda centangnya. Jangan lupa kolom “I’m not a robot” juga dicentang ya, karena kalau tidak kita bisa dikira program “bot” berjalan. Ketika semua sudah beres, langsung saja klik tombol “Daftar Sekarang”.

Kita sekarang sudah punya akun profil Grab. Masuk ke sana dengan kode OTP yang dikirimkan lewat pendaftaran sebelumnya.

Begitu selesai, kita akan disuruh melampirkan dokumen-dokumen yang sudah disebutkan sebelumnya sebagai syarat administrasi. Karena itu, kamu harus memindai dokumen-dokumen itu lebih dulu ke format digital. Unggah semua dokumen tersebut lalu klik “Kirim”.

Begitu selesai, kita tinggal menunggu panggilan dari pihak Grab. Kalau dipanggil, jangan lupa bawa semua dokumen asli dan uang Rp100.000 untuk top-up. Selamat kalau sudah diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *