cara meditasi mengenal diri

Cara Meditasi Mengenal Diri untuk Pencerahan

Posted on

Cara meditasi mengenal diri itu apa? Bagaimana melakukannya dan apa manfaatnya untuk dilakukan? Jawabannya akan ketemu dalam bahasan artikel ini.

Meditasi merupakan langkah untuk menyelami kondisi batin dan mengenal diri kita lebih jauh lagi. Banyak orang yang tertarik dengan bahasan ini, sayangnya hanya sedikit yang benar-benar dapat melakukannya. Karena itu, banyak orang menganggap kalau mereka yang melakukan cara meditasi mengenal diri dan berhasil bisa dianggap sebagai orang hebat. Mereka adalah orang-orang yang sudah mencapai tataran spiritual kelas atas.

Sebagai gambarannya, kita tentu sering disebut atau dikatai orang-orang di sekitar kita. Pelabelan macam “si pintar”, “si cantik”, dan lain sebagainya erat kaitannya dengan bahasa keakraban untuk memanggil seseorang. Tetapi itu semua tetaplah orang luar yang memanggil, bukan diri kita sendiri. Lalu seperti apakah diri kita yang asli?

Yuk, tanpa basa-basi mari kita bahas lebih lengkap lagi dalam uraian berikut.

Cara meditasi mengenal diri

Sebenarnya ada banyak teknik untuk melakukan meditasi, tinggal bagaimana kita memilih yang cocok untuk dilakukan. Awal fase yang dilakukan untuk mengenali diri, biasanya dengan memahami sebutan yang kita terima dari orang sekitar. Akhirnya kita mengidentifikasi diri kita dengan sebutan tersebut, padahal belum tentu itu benar dan cenderung malah bisa berkebalikan 180 derajat.

Bayangkan apabila kita berada di lingkungan yang “beracun” dan tidak sehat? Tentu kita malah bisa mengidentifikasi diri dengan hal-hal yang bias dari sejatinya diri. Lebih parah lagi kalau anggapan tersebut kita percayai sampai tubuh mengaplikasikannya pada sistem syaraf. Akibatnya secara tidak sadar pun kita mempercayai hal-hal yang tidak benar tersebut dan terjadilah penyimpangan.

Maka kenapa tidak kita coba untuk berpikir sebaliknya dari hal-hal negatif yang ada di sekitar, dan menjadikannya sebagai acuan untuk berpikir sampai bertindak. Secara lambat-laun kita akan dipernuhi dengan semangat maju dan memperbaiki diri yang justru malah berguna untuk pengembangan bakat dalam berbagai bidang. Itulah cara meditasi mengenal diri paling awal yang bisa dilakukan siapa saja.

cara meditasi mengenal diri
Seorang wanita bermeditasi di hutan sebagai cara meditasi mengenal diri.
Sumber: Bio-K+

Cara meditasi mengenal diri adalah pembicaraan seputar konsep menyelami diri sendiri

Kenapa bisa dikatakan sebagai konsep? Penyebabnya karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendalami diri kita secara lebih dalam. Bisa melalui flashback pengalaman, penelusuran dengan kolega dan relasi lama, atau sekedar berdiam diri memikirkan hidup. Semua itu merupakan bentuk meditasi karena mampu mengantarkan kita untuk menyelami kehidupan yang direkam oleh tubuh kita sendiri.

Ada orang yang membutuhkan orang lain agar termotivasi menjalani hidup secara lebih baik. Celakanya itu membuat kita bergantung pada orang yang belum tentu memahami atau mengenal seluk-beluk diri kita sendiri. Siapa yang paling paham? Tentu diri kita sendiri dan karena itu berpikirlah positif untuk memotivasi diri lewat sugesti pribadi.

Pengalaman transendental

Ada kisah-kisah bagaimana seseorang yang terlalu larut menyelami dirinya sendiri, menemukan dunia baru yang penuh cahaya atau dipenuhi berbagai bentuk indah. Dunia tersebut belum pernah dia lihat sebelumnya dan tidak ada catatan akan keberadaan fisiknya di dunia nyata. Mari kita sebut saja itu sebagai pengalaman transendental di mana seseorang berhasil menembus dimensi berbeda. Tentu saja kita tidak bisa menyebutnya saintifik karena pengalaman ini bersifat individual dan hanya bisa diklarifikasi oleh segelintir orang, itu saja dengan adanya catatan-catatan khusus.

Selamat! Kenapa kita perlu berujar untuk memberinya selamat? Ini karena pengalaman transendental tersebut biasanya menjadi titik kunci perubahan pada diri seseorang. Itulah alasan kenapa pengalaman transendental masih dipuja-puja orang-orang yang memegang prinsip kebatinan.

Tapi harap disadari bahwa tidak semua pengalaman transendental merupakan kejadian yang positif. Bisa jadi titik balik kehidupan ini berisi pengalaman pahit yang sangat menyedakkan kerongkongan, bahkan dapat mengancam jiwa dan raga. Maka tidak heran seseorang dapat berputar 180 derajat sifat dan wataknya setelah melewati pengalaman tersebut. Ia akan memperoleh suatu hal yang baru, entah itu pola pikir yang lebih cemerlang atau kemampuan-kemampuan yang tidak diketahui sebelumnya.

Meditasi di pinggir tebing sebagai pengalaman ekstrim
Meditasi di pinggir tebing sebagai pengalaman ekstrim.
Sumber: Stocksy

 Apa pun itu yang terjadi, kita tetap harus punya pedoman bagaimana menilai sebuah pengalaman benar-benar bermanfaat positif atau sekedar biasa saja. Tidak sedikit orang mendapat pencerahan yang salah dan cenderung malah menjadi semakin gila serta terjerumus pada perilaku yang bengis. Ia merasa mendapat pencerahan namun sebagaimana peran tragedi dan komedi, harus mengedepankan tragedi di atas segalanya. Inilah kenapa mengenali diri dari pengalaman transendental harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak sembarangan.

Pengalaman transendetal terjadi dalam kondisi trance di mana dunia yang di dalamnya, merupakan gabungan dari semua informasi di dunia. Mulai dari yang berwujud sampai tidak, fakta hingga imajinasi, juga mitos dan doa-doa tidak masuk akal. Hati-hati ketika berada di sini, perbedaan antara pencerahan dan kegilaan hanya dibatasi oleh selembar kain tipis yang hampir menerawang kejadian di sebaliknya.

Bentuk pengalaman trance

Bentuk-bentuk pengalaman trance ada berbagai macam varian. Ada yang mendengar kata-kata, mendapat lawan bicara, memperoleh penglihatan, atau mendapat ilham. Semuanya bervariasi dan mulai terjadi lewat penggabungan unsur audio serta visual. Pengalaman tersebut akan terasa begitu nyata sampai membuat syaraf kita ikut merasakan sehingga berpengaruh riil pada tubuh.

Ada banyak cara untuk memperoleh konsep mengenai pengenalan diri. Namun bagaimana kita mengeksekusinya, hal itu tergantung pilihan diri kita masing-masing. Jangan lupa bahwa tujuan awal dari meditasi adalah mengenal diri untuk memperbaikinya dan menjadi manusia yang lebih baik lagi ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *