cara membuat frozen food

Cara Membuat Frozen Food Enak untuk Pemula

Posted on

Cara membuat frozen food menjadi salah satu pertanyaan yang banyak dicari oleh para ibu rumah tangga. Selain karena praktis, frozen food juga awet disimpan sehingga cocok menjadi bahan makanan di kala darurat. Tidak heran kalau informasi cara membuat frozen food merupakan pertanyaan yang tidak pernah habis ditanyakan.

Bahkan tidak sedikit juga yang banting setir menjadi seorang wirausaha setelah mengetahui potensi pasar makanan satu ini. Misalnya kisah dari Bapak Yudhi Dwinanto yang berjualan makanan beku dengan omzet mencapai 60 juta per bulan. Awalnya dia berprofesi sebagai seorang pegawai negeri sipil (PNS).

Meskipun menggiurkan, namun bisnis makanan satu ini tetap memiliki tantangan tersendiri. Kita pun akan membahasnya di situs kesayangan kita, Situs Infopedia. Lengkap mulai dari pembacaan peluang bisnis sampai inspirasi resep yang bisa dipraktikkan para pembaca sekalian di rumah.

Tunggu apalagi, yuk kita mulai!

Peluang bisnis makanan beku

Sebelum berbicara mengenai peluang, sudahkah kita mengenali macam-macam makanan beku yang tersedia di pasaran? Contohnya saja bakso, tempura, sosis, udang, dan lain sebagainya. Berbagai jenis makanan beku tersebut memerlukan perhatian dan pengolahan berbeda. Selain itu yang ebih penting, masing-masing bahan juga mempunyai penikmat cita rasanya masing-masing.

Jenis-jenis makanan beku yang berbeda, akan menentukan segmen pasarnya. Ketika kita sudah tahu segmen pasar dituju, maka kita juga akan memahami bagaimana mendekati dan mempromosikan produk.

Setelah menentukan jenis makanan beku yang akan dibuat, tugas selanjutnya adalah menghitung modal yang dibutuhkan. Modal ini terkait dengan uang untuk beli bahan baku, alat pengolahan, serta kemasan. Untuk urusan kemasan, kita memerlukan kemasan kedap udara agar makanan beku dapat awet disimpan untuk waktu lama tanpa mempengaruhi cita rasa.

Alat-alat yang dibutuhkan pun mudah dicari di pasaran. Selain alat pengemas, kita juga memerlukan freezer sebagai ruang penyimpanan. Cobalah untuk meminta pendapat terkait rasa makanan beku olahanmu pada orang-orang terdekat sembari menyempurnakan resep.

frozen food disimpan di wadah kedap udara
Frozen food disimpan di wadah kedap udara.
Sumber: Klikdokter

Nah, ketika resep andalan sudah di tangan, tantangan selanjutnya adalah memasarkan. Kita bisa mencoba banyak medium untuk menjual makanan beku. Namun hati-hati, cara membuat frozen food andalanmu jangan sampai bocor ke kompetitor ya. Selalu jaga kerahasiaannya dari awal agar tidak dibajak.

Pemasaran frozen food

Cara memasarkan sebenarnya cukup mudah untuk skala usaha kecil. Bisa menggunakan media sosial atau warung-warung tetangga. Bila dirasa kurang, kita perlu memanfaatkan pula fitur iklan di media digital. Keluar uang lebih tidak apa-apa, asalkan informasi tentang keberadaan produk kita dapat tersebar luas.

Tantangan akan muncul saat bisnis membesar. Karena kita menjual produk makanan, maka diperlukan izin atau lisensi dari Dinas Perindustrian atau BPOM. Opsi BPOM sebenarnya memerlukan biaya lebih besar, cocok untuk bisnis yang sudah menjadi industri besar. Sedangkan Dinas Perindustrian lewat PIRT saja, sudah mencukupi untuk usaha rumahan.

Kita bisa memanfaatkan agen sebagai reseller. Berikan diskon kepada mereka sebagai margin untuk ambil untung. Cara ini juga dapat membantu kamu memperluas rantai pasokan makanan.

Cara membuat frozen food

Kali ini kita akan masuk ke inti artikel ini, yaitu resep dan cara membuat makanan beku. Makanan beku yang paling banyak diminati misalnya galantine dan sosis gulung. Yuk, langsung mulai.

Galantine

Galantine memerlukan bahan-bahan berupa; 300 gr daging sapi giling; 100 gr daging ayam giling; 2 butir telur; 60 gr bawang Bombay cincang; 75 gram tepung roti putih; 4 gr bawang putih bubuk; 2 gr merica bubuk; 5 gr kaldu bubuk; 4 gr garam; 4 gr gula pasir; 200 gr susu UHT plain; serta kertas aluminium foil. Jangan lupa bahan pelengkapnya seperti saus barbeque, sayuran rebus, juga kentang goreng.

Sumber: Liberal Dictionary

Cara membuatnya mudah. Ikuti petunjuk berikut ini.

  • Rendam breadcumb dengan susu.
  • Masukkan semua bahan ke food processor, kecuali telur. Campur sampai rata.
  • Masukkan tepung roti dan telur.
  • Masukkan adonan ke aluminium foil dengan takaran kecil.
  • Jika suka galantine kukus, masukkan ke dalam kukusan.
  • Angkat dari kukusan lalu biarkan mendingin sesuai suhu ruangan.

Sajikan dengan bahan pelengkap. Bila tidak, wadahi ke dalam packaging kedap udara untuk dimasukkan ke freezer.

Cara membuat frozen food sosis gulung

Sosis gulung merupakan makanan favorit anak-anak. Cara membuat frozen food satu ini pun cukup sederhana. Sediakan bahan-bahan seperti; 10 buah sosis (ayam atau sapi tergantung selera); 10 lembar roti tawar yang kulitnya sudah dilepas; telur orak-arik; mozarella atau spread cheese; jangan lupa aluminium foil untuk membungkusnya.

Untuk petunjuk pembuatannya adalah sebagai berikut.

  • Gepengkan roti tawar memanfaatkan rolling pin satu per satu.
  • Tambahkan telur orak-arik, mozzarella atau spread cheese, serta sosis ke atas roti yang sudah gepeng.
  • Padatkan lalu gulung hingga membentuk tabung atau cobalah berkreasi dengan bentuk lain yang dapat menggugah selera makan.
  • Setelah memperoleh bentuk yang diinginkan, cek kembali untuk memadatkan gulungan tersebut.
  • Gulung semua roti dan sosis yang disediakan, lalu masukkan ke kulkas atau lemari pendingin selama kurang-lebih satu jam. Lebih lama lebih baik.
  • Kalau sudah selesai, keluarkan sosis gulung dari pembungkusnya. Lumuri dengan tepung terigu dan putih telur hingga merata. Diikuti dengan tepung roti atau breadcrumbs. Kembalikan ke dalam freezer.
  • Saat akan dikonsumsi, keluarkan dari freezer lalu diamkan sampai menyentuh suhu ruangan. Baru setelah itu siap digoreng.

Sosis gulung siap disantap.

Butuh inspirasi kuliner lain? Temukan di sini.

One thought on “Cara Membuat Frozen Food Enak untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *