memandikan kucing dengan sampo sebagai cara mudah hilangkan kutu kucing dijamin ampuh

Cara Mudah Hilangkan Kutu Kucing Dijamin Ampuh

Posted on

Cara mudah hilangkan kutu kucing dijamin ampuh.

Cara-cara itu bakalan banyak dicari oleh sobat pecinta hewan kaki empat yang menggemaskan ini. Kamu bisa memperolehnya di sini. Sobat tidak perlu repot-repot menyeleksi dan mendatangi dokter hewan satu per satu. Soalnya cara menghilangkan kutu kucing yang akan dijelaskan, bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah.

Kutu kucing memang harus segera dibasmi. Soalnya kalau dibiarkan, bisa berkembang biak dan kucing peliharaan malah akan jadi penyebar kutu di tiap penjuru rumah. Akhirnya yang kerepotan dan gatal-gatal tidak hanya hewan imut berkumis ini, tetapi penghuni rumah lain ikut kena.

Lalu bagaimana memusnahkan hewan pengganggu yang menyebalkan itu? Simak tekniknya berikut ini, ya.

Cara mudah hilangkan kutu kucing dijamin ampuh

Bisa dimulai dengan langkah-langkah sederhana. Misalnya seperti pemakaian sampo khusus atau pengolesan obat kutu secara berkala. Namun kita mesti tahu penyebab kemunculan kutu kucing lebih dulu agar bisa mengantisipasinya di masa yang akan datang. Nggak seru donk, kalau ketika kutu kucing pada kucing sedang dalam masa pengobatan, eh, muncul lagi. Sama saja pengobatanmu menjadi tidak berguna.

Dari mana kutu kucing muncul?

Ada beberapa penyebab munculnya kutu kucing. Penyebab paling umumnya ada dua, yaitu perantara manusia dan terjangkit dari hewan pengerat. Pada beberapa kasus, kunjungan ke dokter hewan atau rumah sakit hewan pun bisa jadi penyebab. Ini karena lokasinya yang berdekatan dengan sumber penyakit dari hewan-hewan yang sakit.

Perantara manusia sendiri, secara general muncul oleh sebab dua faktor. Yaitu lingkungan manusia yang tidak bersih atau perjalanan dari suatu tempat tanpa membersihkan diri dahulu. Akibatnya kutu bisa loncat ke kucing peliharaan di rumah. Kasus ini jarang, tapi kemungkinan terjadi tetap ada.

Lalu ada juga penularan akibat interaksi dengan hewan pengerat. Contohnya saja tikus. Apalagi tikus got yang habitatnya kotor, pasti membawa kutu dalam jumlah besar. Sedangkan kucing sangat suka bermain dengan tikus.

seekor kucing dan tikus
Hewan pengerat seperti tikus dapat menjadi medium kutu kucing.
Sumber: YouTube

Tikus mati karena diburu kucing, eh, kucing malah bisa ketularan kutu. Karena itu jaga kucing kamu agar tidak berkeliaran di sembarang tempat. Nah, kamu sudah tahu penyebabnya sekarang mari kita bahas cara mudah hilangkan kutu kucing dijamin ampuh!

Cara pertama untuk hilangkan kutu kucing adalah membasuh bulu dengan air garam

Campur garam dengan air untuk membasuh bulu kucing. Jangan sampai terminum atau menyentuh kulit bagian dalam telinga, apalagi sampai terkena mata! Air garam dapat membunuh telur dan larva kutu kucing. Pastikan juga air yang digunakan adalah air hangat. Temperatur air dapat merusak pertumbuhan kutu.

Cara kedua ialah memanfaatkan cuka apel

Cuka sari buah apel yang biasanya untuk masak juga dapat digunakan sebagaimana garam. Ini karena sifat asam dari cuka yang mempunyai efek racun untuk hewan-hewan kecil macam kutu. Campur bersama air dengan perbandingan atau rasio 2:1.

Perasan lemon pun dapat menjadi senjata yang cara mudah hilangkan kutu kucing dijamin ampuh

Lemon sering dianjurkan sebagai minuman Kesehatan karena mempunya efek antioksidan dan vitamin C yang bagus untuk sistem imun. Ternyata, lemon juga memiliki manfaat lain yang jarang diketahui yaitu dapat mengusir kutu kucing. Caranya cukup dengan mengambil air perasannya saja.

Campurkan ekstrak perasan lemon ke air yang dipanaskan sampai mendidih. Apakah langsung bisa digunakan? Ternyata tidak, kita harus menunggunya dingin sampai 12 jam baru kemudian disemprotkan ke sekujur badan kucing kesayangan. Sifat asam lemon akan membunuh kutu kucing.

Tanaman lidah buaya yang dijus

Cara mudah hilangkan kutu kucing dijamin ampuh berikutnya adalah memanfaatkan lidah buaya. Apakah kamu baru tahu kalau jus lidah buaya bisa mengatasi masalah kutu kucing?

Tapi ternyata ada resepnya, tidak hanya lidah buaya saja. Jadi caranya lidah buaya dijus, campur dengan beberapa potong cabe rawit. Agar bijinya tidak kecampur, maka saring terlebih dahulu air jus tersebut. Selanjutnya tinggal menyemprotkan air ke bagian tubuh kucing.

Manfaatkan minyak telon kalau ada

Minyak telon bayi merek My Baby dapat digunakan untuk merawat bulu kucing agar dijauhi kutu
Minyak telon bayi merek My Baby dapat digunakan untuk merawat bulu kucing agar dijauhi kutu.
Sumber: Bukalapak

Cara mudah hilangkan kutu kucing dijamin ampuh yang ke lima ialah dengan mengoleskan minyak telon. Minyak telon biasanya selalu hadir untuk mengolesi bayi supaya kulitnya tetap hangat. Ternyata minyak telon juga bisa dimanfaatkan untuk membunuh telur dan larva kutu.

Pastikan untuk menggunakannya tipis-tipis saja. Karena pastinya kalau terlalu banyak, kucing akan risih dan malah menjilati minyak. Salah-salah kucing kesayangan malah keracunan dan kutu kucing tetap lestari karena terbebas dari minyak telon. Cukup pastikan saja untuk mengoleskan secara rutin dan berkala karena akan lebih ampuh membunuh kutu kucing.

Tips paling umum sebagai cara mudah hilangkan kutu kucing dijamin ampuh: obat kutu

Ini adalah cara termudah karena kamu tinggal membelinya di toko hewan peliharaan terdekat. Mereka biasanya sudah paham dan menyediakan beberapa merek yang bisa jadi pilihan. Harganya pun relative terjangkau, sekitar Rp 25.000-an. Merek yang biasanya umum dijumpai untuk harga segitu adalah Proline Cat.

Bila obat kutu yang murah kurang meyakinkan, para pecinta kucing seringkali memilih obat kutu merek Fluffy Cat. Harganya relatif mahal karena manjur dan bereaksi dengan cepat begitu disemprotkan. Ukuran 60 mililiter bisa dibeli dengan harga Rp 225.000-an.

Kutu kucing kalau dibiarkan akan merusak jaringan kulit. Inilah penyebab utama munculnya penyakit kulit scabies. Scabies disebabkan secara spesifik oleh kutu Sarcoptes scabiei. Agar kerusakan kulit tidak makin parah hingga ke kelenjar dan lapisan bawah kulit, maka kutu harus segera dibasmi. Kamu sudah tahu kan caranya? Selamat merawat kucing kesayangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *