gaji barista jangan dibayangkan mewah meskipun pekerjaannya keren

Gaji Barista: Informasi Lengkap di Indonesia

Posted on

Gaji barista masih misterius untuk diketahui masyarakat umum. Apalagi karena profesi ini tergolong baru di masyarakat. Namun seiring perkembangan tren “ngopi”, barista mulai dilirik sebagai pekerjaan yang menjanjikan. “Coffee shop” yang kian menjamur di berbagai tempat, membuat kebutuhan terhadap barista meningkat.

Gaji barista bisa dihargai mahal

barista cewek menuang kopi
Barista cewek menuang kopi.
Sumber: POPULAR-world.com

Pekerjaan barista berhubungan dengan rasa yang kompleks dalam konsumsi kopi. Otomatis butuh disiplin diri yang tinggi untuk melatih lidah, wawasan akan rasa, serta bahan. Tak ayal barista berpengalaman akan mempunyai gaji yang lebih tinggi dibandingkan pemula.

Pengalaman atau jam terbang itulah yang seringkali menjadi tolak ukur untuk menilai kemampuan seorang barista. Pengalaman mengasah lidah dan meracik kopi unggulan akan membuat kamu perlu waktu yang lama. Pengalaman selama satu tahun paling tidak telah menjadi syarat minimal.

Waktu satu tahun telah menjadi syarat minimal karena banyak hal yang harus dipelajari dan dialami. Seorang barista wajib belajar mengenai ilmu fisika dan kimia. Ini karena racikan minuman melibatkan berbagai faktor yang menjadi fenomena fisika dan kimia. Mulai dari kadar pH air, takaran kopi, senyawa asam, halusnya biji kopi yang digiling, suhu pemanasan, dan banyak lagi.

Penguasaan seseorang terhadap uraian wawasan di atas adalah penentu besaran gaji barista. Namun, sebenarnya profesi ini bisa dilihat sama seperti profesi-profesi lainnya.

Kenapa bisa begitu? Ini dia penjelasannya!

Baca Juga : Inilah Beberapa Manfaat Kopi dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan

Semua hal terkait ketenagakerjaan telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan

Barista kedai kopi kenamaan
Barista kedai kopi kenamaan.
Sumber: Adi Kurniawan Ritonga

Termasuk standar gaji sebuah profesi. Maka tidak heran kalau gaji barista secara umum bisa diperkirakan tidak jauh beda dengan Upah Minimum Kawasan atau UMK. Itu adalah perkiraan kasar, belum kondisi riil di lapangan.

Kota-kota industri akan memiliki UMK tinggi, tidak ayal gaji barista lebih tinggi di tempat-tempat tersebut dibandingkan kota-kota kecil. Sayangnya tidak semua orang bisa menikmati kondisi-kondisi ideal. Menjadi barista merupakan tantangan berat.

Profesi yang terhitung baru di Indonesia ini, membuka peluang-peluang lebar. Hanya saja peluang-peluang ini tidak menyiapkan jalan halus yang mudah dilewati. Jalan untuk menjadi barista dengan gaji tinggi harus melewati area yang terjal dan penuh semak-belukar, “wadidaw”.

Gaji barista tidak bisa dipatok secara riil sesuai UMK

peralatan barista yang hanya bisa dibeli dengan harga mahal
Peralatan barista yang hanya bisa dibeli dengan harga mahal.
Sumber: Vibizmedia.com

Kenapa bisa begitu? Ini karena profesi barista yang terhitung baru. Peluang menjadi barista terbuka lebar, karena ada banyak kedai kopi dibuka dan membutuhkannya. Namun, kedai kopi mana yang mampu bertahan dan terus berkembang mendulang profit sehingga bisa mengalirkan kesejahteraan untuk barista?

Hanya ada beberapa “coffee shop” dengan citra eksklusif dan spesial macam Star Buck yang bisa meng-hire barista dengan bayaran sepadan dengan kerjanya. Bayangkan kedai-kedai kopi kecil yang tengah berusaha untuk naik ke atas di tengah persaingan ketat. Tentu besaran gaji barista di sana tidak sesuai dengan standar Upah Minimum Regional atau Upah Minimum Kawasan.

Kenapa kita bisa bilang persaingan ketat? Soalnya kamu akan selalu menemukan kedai-kedai kopi baru yang terus bermunculan tiap waktu. Mereka biasanya mengantongi modal untuk jangka waktu beberapa bulan. Namun, karena kompetisi ketat dan anggaran promo rendah, segera tutup saat tagihan operasional membengkak serta minim pemasukan.

Anggaran promosi minim, biaya operasional kecil, berapa gaji barista di kedai-kedai kopi itu? Jangan kaget kalau pekerjaan barista di sana akan dihargai sesuai dengan pekerjaan paruh waktu. Kerja enam jam sehari selama seminggu untuk bayaran separuh UMR itu juga sudah lumayan bagus.

Baca Juga : Kopi Indonesia : Produk-produk Kopi Populer

Contoh masifnya kedai kopi: Bandung

Salah satu kedai kopi rumahan di Kota Bandung
Salah satu kedai kopi rumahan di Kota Bandung.
Sumber: Pergi Dulu

Kota Bandung yang terkenal karena anak mudanya kreatif pun mengalami fenomena itu. Pada Juni 2019, konon ada 600-an kafe dan kedai kopi di Paris Van Java. Nyatanya hanya 100-an kafe dan kedai yang bisa menggaji sesuai dengan UMK. Lainnya sekitar 500-an lebih kafe dan kedai hanya bisa membayar gaji barista di bawah standar.

Gaji-gaji yang kecil itu jelas menjadi gambaran kesejahteraan barista yang minim. Jangan tanyakan tunjangan pensiun, BPJS, dan lain sebagainya. Jelas tidak bisa jadi patokan atau pedoman.  

Apakah gaji barista yang kecil ini adalah kesalahan dari pemilik kafe atau kedai yang kikir? Jangan ambil kesimpulan terlalu cepat karena alasan utamanya sudah diulas pada sub bahasan sebelumnya. Kompetisi tinggi yang tidak diimbangi kemampuan promosi untuk memenangkan pasar adalah faktor utama yang jadi sumber masalah.

Profesi barista tidak hanya membutuhkan kemampuan seputar meracik kopi. Barista juga harus paham cara berkomunikasi agar bisa menjelaskan karyanya. Ia juga mesti mengetahui dunia perkopian dari hulu sampai hilir supaya benar-benar tahu asal kopi yang diolahnya.

Pengetahuan soal ini, tidak bisa hanya didapat dari baca hasil pencarian blog atau web di Google. Belum lagi sekolah meracik kopi yang membutuhkan biaya. Ini sudah mengharuskan barista untuk merogoh kocek bahkan sebelum bisa menjual gelas pertama kopinya.

Jangan tergiur gaji barista luar negeri kalau ingin kerja di Indonesia

Pahit tapi itulah kenyataannya. Orang-orang melihat profesi barista sebagai pekerjaan keren. Barista bertato, sepatu sneakers, kaos klasik dilengkapi jeans, dan naik motor “café racer”. Tetapi itu adalah bagian terluarnya.

Gaji barista Indonesia akan sangat berbeda. Cakupan pekerjaannya juga tidak bisa disamakan. Terkadang barista Indonesia merangkap pekerjaan “cleaning service”, kasir, desain interior, promosi, dan lain sebagainya. Semua itu diimbangi dengan gaji yang belum tentu bisa mencapai UMK atau UMR.

Jika kamu masih penasaran, cobalah cari besaran UMK atau UMR daerah tempatmu tinggal. Gaji barista kedai atau kafe tidak akan bisa menyamainya. Kecuali barista-barista yang bekerja di “coffee shop” besar macam Excelso, Star Buck, dan lain sebagainya.

2 thoughts on “Gaji Barista: Informasi Lengkap di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *