piknik dan foto bersama di depan menara eiffel

Imigrasi Online, Layanan Praktis Mengurus Paspor

Posted on

Imigrasi online merupakan terobosan layanan praktis untuk pengurusan paspor. Kenapa paspor jadi penting? Karena dia menjadi dokumen utama kalau kita bepergian ke luar negeri. Paspor sendiri merupakan dokumen legal yang diakui dan menjadi pegangan identitas kita sebagai warga internasional. Informasi di dalamnya mencakup nama terang, foto asli, tanda tangan besar (bukan paraf), daerah asal serta tanggal lahir, juga data lengkap keperluan pemilik paspor memasuki suatu negara tertentu.

Terkait informasi legal yang tercantum di dalam paspor, itulah kenapa dia menjadi satu-satunya dokumen yang sangat dijaga ketika bepergian ke luar negeri. Bahkan kekuatan legalnya berada di atas kartu tanda penduduk, di mana paspor merupakan dokumen internasional sedangkan kartu tanda penduduk hanya berlaku di level nasional.

Karena sifat paspor yang begitu penting, maka pembuatannya juga membutuhkan proses administrasi yang panjang. Padahal urusan warga negara ke luar negeri menjadi suatu hal yang mendesak serta terkadang harus dilakukan segera. Untuk itulah pemerintah kita membuat layanan imigrasi online. Kita bisa melakukan pendaftaran, perpanjangan, serta urusan lain terkait paspor secara praktis dan mudah.

Bahkan proses imigrasi online diklaim hanya membutuhkan waktu lima menit saja! Tidak perlu bertele-tele lagi, mari kita mulai pembahasan mengenai apa itu imigrasi online.

Imigrasi online berada di bawah Direktorat Jenderal Imigrasi

Direktorat Jenderal Imigrasi merupakan institusi yang memiliki wewenang mengatur urusan keimigrasian. Termasuk di dalamnya segala urusan terkait paspor. Lembaga ini bertugas melakukan penyelenggaraan serta eksekusi kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan kegiatan masuk dan keluarnya manusia atau objek tertentu melewati batas negara. Berdasarkan Undang-Undang Keimigrasian, tugasnya secara rinci dibahas dalam Pasal 548.

  • Tugas tersebut, kalau dijabarkan adalah sebagai berikut.perumusan kebijakan di bidang penegakan hukum dan keamanan keimigrasian, pelayanan dan fasilitas keimigrasian, perlintasan negara dan kerja sama luar negeri keimigrasian, dan Teknologi informasi keimigrasian;

Kebijakan ini berarti diakui sebagai sebuah hukum yang mengikat dalam negara kita. Tidak hanya itu saja, ada tugas-tugas lainnya juga.

Staf wanita Direktorat Jenderal Imigrasi mengurus dokumen fisik dari imigrasi online
Staf wanita Direktorat Jenderal Imigrasi mengurus dokumen fisik dari imigrasi online. Sumber: Bidikdata.com
  • pelaksanaan kebijakan di bidang penegakan hukum dan keamanan keimigrasian, pelayanan dan fasilitas keimigrasian, perlintasan negara dan kerja sama luar negeri keimigrasian, dan teknologi informasi keimigrasian;
  • pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang penegakan hukum dan keamanan keimigrasian, pelayanan dan fasilitas keimigrasian, perlintasan negara dan kerja sama luar negeri
    keimigrasian, dan teknologi informasi keimigrasian;
  • pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang penegakan hukum dan keamanan keimigrasian, pelayanan dan fasilitas keimigrasian, perlintasan negara dan kerja sama luar negeri keimigrasian, dan teknologi informasi keimigrasian; 
  • pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal Imigrasi; dan 
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri.

Ketentuan paspor

Berdasarkan ketentuan-ketentuan yang dibuat Direktorat Jenderal Imigrasi, paspor mempunyai syarat dan aturan yang mengikat seperti;

  • Perpanjangan paspor online dan masa berlaku paspor

Layanan imigrasi online mencakup pendaftaran dan perpanjangan. Sebenarnya, prosedur antara keduanya sangat mirip. Bila dihitung secara waktu yang dihabiskan, paling hanya membutuhkan kurang-lebih lima menit.

Namun untuk urusan perpanjangan, kita perlu meninggalkan dokumen paspor asli yang lama di kantor imigrasi sebagai tanda bukti. Pastikan untuk melakukan perpanjangan sebelum masa berlaku paspor habis ya. Masa berlaku paspor sendiri, hanya untuk kurun waktu lima tahun. Kamu sudah bisa melakukan perpanjangan ketika enam bulan sebelum masa berlaku habis.

  • Imigrasi online yang mengurus paspor, output-nya berupa paspor asli berbentuk dokumen

Ingat bahwa kita tidak memakai yang namanya e-paspor alias dokumen elektronik tersebut bukan produk utama dari pengurusan keimigrasian. Hasil dari pengurusan imigrasi adalah paspor yang berbentuk dokumen fisik. Sementara itu, online di sini hanya merupakan metode yang dipakai untuk mengurus pendaftaran atau perpanjangan. Jadi bukan berarti karena ngurus online, maka paspor yang kita dapatkan berwujud e-paspor.

Kalau kamu ingin membuat e-paspor, kamu harus datang langsung ke Keimigrasian. E-paspor berwujud sebuah chip atau kartu yang menyimpan seluruh informasi data dan profil diri kita di dalamnya. Jadi bedakan antara e-paspor, imigrasi online, dan dokumen paspor fisik ya.

Dua dokumen paspor dari Pemerintah Republik Indonesia
Dua dokumen paspor dari Pemerintah Republik Indonesia.
Sumber: Jilbab Backpacker
  • Syarat pembuatan paspor

Untuk membuat paspor, ada syarat-syarat yang harus kita patuhi. Mulai dari persyaratan yang sifatnya administratif, termasuk jaminan legal. Syarat administratif merupakan syarat yang membutuhkan dokumen untuk pengesahannya. Dokumen ini hendaknya berupa arsip digital dalam format dokumen atau imej agar bisa diungga ke imigrasi online. Selain diunggah, kamu juga harus membawa dokumen asli ke kantor imigrasi terdekat.

Apa saja syarat-syarat dokumen yang dibutuhkan? Ada perbedaan antara Warga Negara Indonesia Asli dan Warga Negara Asing. Ini dia syarat-syaratnya.

Untuk warga negara Indonesia (WNI); Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku; Kartu Keluarga (KK); Akta kelahiran atau surat baptis; Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah; Paspor lama, jika ingin perpanjang paspor.

Sedangkan untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia maka persyaratan pembuatan paspor adalah: KTP kedua orang tua yang masih berlaku; Kartu Keluarga (KK); Akta kelahiran atau surat baptis; Buku nikah orang tua atau akta perkawinan; Paspor biasa lama bagi yang telah memilikinya.

Setelah mengunggah persyaratan dokumen digital terkait, maka tugas selanjutnya adalah membawa berkas asli ke kantor imigrasi. Kamu juga harus melewati serangkaian tahapan seperti proses tes, yaitu; wawancara, verifikasi berkas, dan potret diri. Nah, kalau tertarik dengan info lengkap, kamu bisa datangi kantor imigrasi terdekat dengan mengecek alamatnya di tautan ini.

Selamat mencoba imigrasi online!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *