jenis kopi berdasarkan penyajiannya

Jenis Kopi Favorit di Indonesia dan Mancanegara

Posted on

Jenis kopi ada banyak sekali. Sebenarnya tidak banyak, namun ada beberapa pembagian yang harus diketahui. Apakah kita membaginya berdasarkan lokasi tumbuh, jenis rasa, bentuk biji, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis kopi memiliki ciri khasnya tersendiri yang membuat mereka juga punya penggemarnya secara khusus.

Jenis kopi yang beragam membuat pecinta kopi selalu menyukai petualangan menyeruput kopi mereka. Ini karena ada berbagai variasi yang selalu membuat pengalaman minum kopi jadi mengasyikkan. Kopi memiliki dimensi-dimensi seperti cara menyeduh, spesies, varietas, hingga karakter rasa yang kalau dibahas membuat lupa waktu.

Nah, agar lebih jelas tentang informasi jenis kopi yang ada, silahkan membaca artikel ini hingga tuntas. Berikut jenis kopi yang laku di pasaran karena banyak peminatnya.

Jenis kopi Affogato

es krim vanilla dengan guyuran espresso disebut affogato
Es krim vanilla dengan guyuran espresso disebut affogato.
Sumber: Leite’s Culinaria

Kopi Affogato berasal dari negara klasik yang mempunyai “manner” dan “style” termasuk dalam industri kulinernya, yaitu Italia. Sebenarnya Affogato hanyalah sajian kopi yang dihidangkan dengan es krim. Namun karena peminatnya yang semakin banyak, kini Affogato berkembang dengan cita rasa khusus tersendiri.

Affogato dalam bahasa Italia artinya adalah tenggelam. Maksudnya ialah es krim yang ditenggelamkan oleh kopi. Kopi yang dipilih adalah jenis espresso, sedangkan es krim yang digunakan biasanya merujuk pada vanilla.

Jenis kopi Cold Brew

suguhan kopi cold brew
Suguhan kopi cold brew.
Sumber: Leite’s Culinaria

Cold brew merupakan jenis kopi yang diseduh dengan air dingin, alih-alih air panas. Cara ini merupakan pembagian jenis kopi dengan didasarkan pada teknik seduh. Air dingin yang digunakan tidak selalu air dengan suhu es, tetapi juga air dengan suhu ruangan.

Cara pembuatannya cukup mudah untuk dijelaskan, di mana biji kopi digiling lalu direndam air dingin. Proses perendaman bisa menghabiskan waktu antara 6 sampai 12 jam. Sambil menunggu, rendaman biji kopi disimpan dalam lemari pendingin.

Proses perendaman bertujuan untuk mengekstrak sari rasa kopi. Setelah proses perendaman selesai, kopi disaring menggunakan saringan. Bisa juga memanfaatkan kain kasa. Kopi lalu disajikan sesuai selera misalnya ditambahkan krim atau susu.

Piccolo, nama jenis kopi yang mirip dengan karakter Dragon Ball

mirip latte namun dengan campuran kopi lebih banyak disebut piccolo
Mirip latte namun dengan campuran kopi lebih banyak disebut piccolo.
Sumber: Super Adventure

Meskipun namanya Piccolo, bukan berarti jenis kopi ini berwarna hijau seperti karakter dalam Dragon Ball. Piccolo adalah varian kopi susu di mana ketika dilihat sekilas, mirip dengan latte. Perbedaannya terletak pada komposisi kopi yang memiliki rasio campuran lebih besar dibandingkan susu.

Susu menjadi bahan sekunder ketika Piccolo disajikan. Bahkan sampai aroma minuman pun lebih condong ke arah kopi. Akibatnya rasa kopi cenderung pahit dengan sentuhan manis. Kadar asam kopinya pun menjadi lebih rendah akibat adanya campuran susu. Penyajiannya bebarengan dengan ristretto yang diimbangi ekstraksi ekspresso.

Machiatto, campuran kopi dan susu dengan komposisi 4:1

Nama lengkap jenis kopi ini adalah caffe machiatto dan dibuat dengan campuran antara susu serta kopi. Hanya saja rasionya adalah 4:1 di mana komposisi kopinya lebih banyak dibandingkan susu.

Ada dua jenis caffe machiatto yaitu espresso machiatto dan latte machiatto. Pada varian espresso machiatto, komposisi susu lebih sedikit dibandingkan kopi. Berbeda dengan latte machiatto yang malah kebalikannya.

Biasanya machiatto disajikan dalam gelas cangkir kecil ukuran 60 sampai 90 mililiter. Ada juga yang memilih untuk menyuguhkannya dalam gelas besar. Khusus untuk espresso lebih banyak yang menyukainya dalam sajian cangkir karena rasa pahit. Bila menginginkan rasa manis, bisa ditambahkan dengan gula.

Latte

Masih seputar campuran kopi dan susu, namun dengan rasio yang berbeda. Latte memiliki rasio campuran kopi dengan susu dalam angka 2:1. Itulah alasannya latte cenderung memiliki rasa yang kental dan kuat baik untuk kopi maupun susu. Namun rasio ini tergantung selera, karena untuk lidah konsumen kopi Negeri Paman Sam lebih menyukai rasio 3:1.

Selain soal rasa yang lebih kental pada salah satu bahan, daya tarik latte juga terletak di penampilannya saat disajikan. Jenis kopi ini memiliki suguhan berupa busa-busa tipis di bagian atas sehingga rasanya cenderung “creamy”. Ada yang bermain kreativitas membentuk busa-busa tersebut menjadi gambar tertentu sehingga tampak lebih menarik di mata penikmat kopi.

Si pahit espresso

Ini kopi yang sebenar-benarnya kopi. Sajiannya ditaruh dalam segelas sloki atau gelas berukuran mini yang biasa disebut “espresso shoot”. Rasa pahit menguasai seluruh bagian dalam kopi ini dan susah ditelan karena cenderung sangat kental. Espresso hanya bisa diolah dengan mesin khusus yang sanggup mengekstrak sari biji kopi. Mesin tersebut sanggup memisahkan biji kopi dengan sari ekstraknya.

Jika memesan espresso, maka penyajiannya benar-benar saripati kopi dan tidak diberi campuran. Bagi yang tidak biasa, jangan kaget begitu meminum jenis kopi ini karena rasa pahit yang sangat awet di lidah.

Americano

Americano merupakan olahan lanjutan dari espresso. Jika espresso benar-benar menyajikan saripati kopi, maka americano menggunakan tambahan air dengan suhu dan kapasitas isi tertentu. Penambahan ini berujuan untuk mengaburkan rasa pahit sehingga saripati kopi dapat dinikmati dengan lebih mudah. Cangkir kopi americano pun berkapasitas lebih besar daripada sloki espresso.

Americano merupakan pilihan bagi pecinta kopi yang tidak menginginkan rasa pahit terlalu ekstrim. Untuk menemukan rasa americano yang sesuai, diperlukan eksperimen terhadap air panas yang digunakan. Sumber air dan cara memanaskan menjadi rahasia dapur tiap barista masing-masing.

Itulah jenis kopi berdasarkan komposisi dan pengolahannya. Selain tujuh jenis ini, masih ada klasifikasi kopi berdasarkan indikator lain. Kita akan bahas di lain waktu. Sekarang mari menikmati kopi terlebih dahulu. Selamat menyeruput kopi favoritmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *