kopi indonesia

Kopi Indonesia: Produk-produk Kopi Terpopuler

Posted on

Kopi Indonesia tidak pernah ada matinya. Barang ini telah menjelma jadi komoditas utama dalam industri “food and beverages” di tanah air. Tidak ayal selalu ada pembeli-pembeli yang mengincar produk-produk olahan kopi Indonesia untuk memuaskan lidahnya. Meski begitu, tidak serta merta semua kopi pasti laris di pasaran.

Ada jenis-jenis kopi yang selalu stabil diminta oleh pasar. Jenis-jenis kopi yang tinggi peminatnya tersebut memiliki rasa dengan sensasi tersendiri. Kita hanya akan bisa mengetahui, kalau sudah mencecapnya. Namun kita bisa memberikan gambaran kopi-kopi apa saja yang populer seantero Nusantara dan narasi singkatnya di artikel ini.

Simak sampai selesai, ya. Kita urutkan dari kopi populer yang peminatnya paling rendah sampai yang paling tinggi. Karena itu baca sampai tuntas.

Kopi Indonesia asal Jawa Barat atau kopi Priangan

kopi priangan yang difoto di atas meja
Kopi priangan yang difoto di atas meja.
Sumber: Ranah Kopi

Tepatnya di daerah Priangan, kamu bisa menemukan kopi dengan rasa yang khas ala Jawa Barat. Tepatnya dari daerah Gunung Malabar. Orang-orang biasanya memanggi kopi Priangan dengan nama kopi Bandung yang memiliki jenis sebagai arabika.

Cocok buat kamu yang suka nongkrong menikmati udara dingin bersama awewe atau mojang Sunda. Biasanya kopi Priangan dijual dengan harga sekitar Rp 70.000-an untuk kemasan 200 gram.

Produk yang populer lewat lagu gubahan Shaggy Dog: Kopi Kintamani

kopi kintamani asli produksi Bali
Kopi kintamani asli produksi Bali.
Sumber: Airy Rooms Blog

Ada lagu populer berjudul “Anjing Kintamani” karya grup band asal Jogja; Anjing Kintamani. Kintamani merupakan sebuah daerah di Pulau Bali. Sebenarnya Kintamani tidak hanya melulu soal anjing, tapi juga daerah asri yang memiliki hasil kopi sendiri.

Kopi Kintamani punya rasa “smooth” dan cenderung manis. Mirip seperti gadis bali yang manis nan eksotis. Aromanya pun menyegarkan karena mengarah pada bau khas rempah dan buah. Kopi Kintamani bisa kamu peroleh dengan harga normal sekitar Rp 48.000-an per 200 gram.

Baca Juga : Gaji Barista : Informasi Lengkap di Indonesia

Komoditas asli Sumatera punya, sebut saja kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang asli dari Sumatera Utara dengan merek Salam
Kopi Sidikalang asli dari Sumatera Utara dengan merek Salam.
Sumber: Bukalapak

Setelah Jawa Barat dan bali, Sumatera tidak mau kalah. Orang Batak punya kopi kebanggaan mereka yaitu kopi Sidikalang. Kopi Sidikalang sebenarnya berasal dari wilayah Sumatera Utara.

Kopi ini merupakan hasil olahan hibrida antara robusta dan arabika. Karena diolah dengan mencampur dua jenis kopi, maka diperlukan keahlian khusus agar rasa yang dihasilkan tetap enak untuk dikonsumsi lidah. Maka jangan heran kalau kopi satu ini harganya lebih mahal daripada kopi biasa.

Kopi Sidikalang biasanya memiliki tekstur biji kopi yang besar-besar meski sudah diproses. Meskipun begitu, rasa asam dalam kopi ini cenderung rendang sehingga aman untuk dikonsumsi banyak orang. Harganya berkisar di angka Rp 100.000-an untuk kopi Sidikalang dengan kualitas prima.

Baca Juga : Inilah Beberapa Manfaat Kopi dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan

Masih tentang kopi Indonesia dari Sumatera, ada juga kopi Mandailing

Sajian Mandailing di cangkir putih dengan aroma yang menggoda
Sajian Mandailing di cangkir putih dengan aroma yang menggoda. Sumber: Sumut24

Masih dari Sumatera Utara, mereka punya kopi jenis lain daripada kopi Sidikalang yaitu kopi Mandailing. Salah satu kopi ekspor tertua dari Indonesia yang telah dikirim ke berbagai belahan dunia sejak 1878. Pihak yang menanam kopi Mandailing pertama di Sumatera Utara adalah Belanda. Mereka mendatangkan biji kopi jenis arabika ini pada abad 18.

Rasa kopi Mandailing cenderung ringan di lidah namun meninggalkan “after effect” seperti gumpalan cairan kental. Ini dikarenakan tingkat asamnya yang lebih tinggi daripada kopi Sidikalang. Harganya sekitar Rp 44.000-an / 200 gram.

Kopi Indonesia asal Sulawesi yang begitu terkenal, yaitu kopi Toraja

Toarco, produk favorit asli dari Toraja, Sulawesi Selatan
Toarco, produk favorit asli dari Toraja, Sulawesi Selatan.
Sumber: Minum Kopi

Kopi spesial dengan tingkat kekentalan dan aroma tumbuhan khas. Begitu nikmat rasanya hingga mendapat julukan “Ratunya Kopi Nusantara”. Namun hati-hati untuk orang dengan masalah lambung yang ingin meminumnya, karena kopi ini mempunyai tingkat keasaman tinggi.

Tidak ada “after taste” ketika meminum kopi Toraja. Rasa nikmatnya langsung meluncur dari lidah ke tenggorokan.

Kopi Indonesia asli Jawa Timur: Kopi Lanang

Ini adalah salah satu komoditas kopi kebanggan Indonesia dari Jawa Timur: Kopi Lanang. Kopi ini diproduksi dari areal perkebunan di Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasi tepatnya adalah Malangsari, Kalibaru. Kopi lanang termasuk kategori kopi robusta dengan bentuk bulat dan utuh.

Kopi lanang merupakan jenis kopi pilihan yang melewati proses seleksi ketat. Hanya biji kopi terbaik yang dijual. Kadar kafeinnya pun tinggi, sehingga tidak disarankan untuk konsumsi orang dengan jantung lemah. Harga kopi lanang bervariasi, namun kemasan 200 gram termurah bisa dibeli dengan merogoh kocek sekitar Rp 60.000-an.

Kopi Luwak, kopi Indonesia andalan berkelas ekspor

Merupakan kopi asli Indonesia yang terkenal akan harganya dan masuk kelas premium. Kemasan 200 gram bisa dihargai minimal Rp 100.000. Bahkan untuk menjamin keaslian kopi, banyak lembaga yang menawarkan jasa sertifikasi kopi luwak asli. Kopi luwak terbaik konon berasal dari daerah Gayo di Aceh.

Kopi Wamena

Bagi pecinta kopi Nusantara, belum afdhol kalau belum pernah mencoba kopi Wamena. Berasal dari pulau hitam di ujung timur Indonesia, kopi ini hanya ditanam di areal perkebunan Wamena dengan ketinggian tanah 2000 meter di atas permukaan laut.

Kopi Wamena memiliki kadar air 13% yang diimbangi aroma pedas dan wangi khas bunga-bungaan. Tingkat asamnya pun sedang, sehingga cocok dikonsumsi hampir semua kalangan. Salah satu produsen kopi Wamena yang terkenal adalah JPW Coffee. Harga kopi Wamena untuk kemasan 200 gram dibanderol hampir sama dengan kopi Luwak, yaitu Rp 100.000-an.

Itulah berbagai jenis kopi Indonesia yang terkenal sampai seantero Nusantara. Komoditas kopi terbaik dengan peminat paling besar tetaplah dipegang oleh kopi Luwak dan Wamena. Jangan mengaku penikmat kopi kalau belum pernah mencoba dua jenis kopi andalan Indonesia ini.

Situsinfopedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *