berbagai hidangan makanan rumahan disajikan di atas piring beralaskan daun pisang

Makanan Rumahan Sedap dan Mudah Dibuat

Posted on

Makanan rumahan akan sangat menarik untuk dibahas. Apalagi buat pecinta kuliner yang menyukai kenikmatan masakan dalam atmosfir rumahan. Apa saja resep-resep yang bisa dipraktikkan? Yuk, kita bahas bersama.

Makanan rumahan garang asam ayam

Resep satu ini akan sangat nikmat disantap, apalagi untuk penyuka sajian kukus. Rasanya pun jangan kaget kalau cocok dengan lidah kamu dan bisa menyaingi hasil masakan restoran kelas wahid. Yuk, cus mari kita ulas garang asam ayam. Sebagai catatan, resep berikut ini bisa dikonsumsi sepuluh orang. Kalau ingin lebih banyak atau sedikit porsinya, silahkan dihitung-hitung sendiri.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah; 1 kg ayam potong; 2 butir telur; 2 santan kara ukuran kecil; 15 siung masing-masing bawang merah dan putih; 4 buah tomat hijau; cabai sesuai selera pedas kamu; juga 1 buah jeruk nipis. Untuk bumbunya perlu menyiapkan: asam, daun salam, laos, gula, garam, serta kaldu ayam. Siapkan juga pembungkusnya yaitu plastik, daun pisang, serta tusuk gigi.

Lalu sebagai langkah memasaknya, kita ulas berurutan ya. Pertama, kita perlu memotong daging ayam dalam potongan kecil-kecil. Potong juga bawang putih dan merah, cabai, tomat, daun salam, serta laos. Kedua, campurkan semua irisan tadi ke dalam satu wadah lalu masukkan garam, kaldu ayam, serta gula. Setelah semua bahan tercampur, aduk hingga merata.

Langkah selanjutnya untuk menyiapkan makanan rumahan garang asam ayam ialah mewadahi bahan-bahan yang sudah diaduk, ke dalam daun pisang. Bagilah daun pisang sesuai porsi yaitu 10 buah. Kancingkan daun pisang dengan tusuk gigi, lalu dibungkus plastik. Kukus paling tidak selama 60 menit. Makanan rumahan garang asam ayam siap untuk disajikan.

Udang saus padang dan bola-bola seafood

Bagi penggemar seafood, makanan rumahan satu ini tidak bisa dilewatkan. Agar resepnya variatif, buat juga bola-bola seafood sebagai pelengkap. Yuk,kit aulas cara membuatnya. Pertama, siapkan bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan ini tidak boleh ada yang terlewat atau rasa masakannya akan terasa kurang matang.

Olahan seafood berupa udang saus padang dan bola-bola
Olahan seafood berupa udang saus padang dan bola-bola.
Sumber: Maangchi

Bahan-bahan utamanya adalah; 250 gr udang; 200 gr bola-bola seafood (bisa ditambahkan dari frozen food berbahan ikan laut); setengah bawang bombay dan tomat; sebatang serai; 4 lembar daun jeruk; sambal sesuai selera; 1 sdm saus tomat; setengah sdm kecap manis; setengah cangkir kecil kaldu udang; lada, garam, dan penyedap secukupnya; 1 sdm margarin; juga minyak goreng secukupnya. Sedangkan bumbu uleknya ialah: 7 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, setengah kotak terasi kecil, cabai merah dan rawit sesuai selera, serta seruas jahe.

Cara memasaknya sangat mudah. Pastikan saja semua bahan sudah terpakai. Pertama, kita iris bawang bombay, memotong tomat berbentuk dadu-dadu kecil, potong serai jadi dua dan digeprek, serta iris daun bawang besar-besar. Lelehkan margarin menggunakan minyak di penggorengan, tumis bumbu yang sudah diulek sebelumnya, campurkan bawang bombay, serai, daun jeruk, serta tomat.

Tumis sampai bau harum menguar dan warna tumisan jadi matang. Selanjutnya, tinggal memasukkan semua bahan dan aduk hingga tumisan bumbu meresap. Masukkan saus sambal dan tomat, kecap, lalu aduk dilanjutkan dengan mencampurkan kaldu udang. Bila sudah, baru kita campurkan daun bawang, garam, lada, juga penyedap rasa. Aduk terus sampai cairan di penggorengan menguap. Makanan rumahan udang saus padang dan bola-bola seafood siap disajikan.

Sup ayam kembang tahu

Kalau keluarga kamu penyuka makanan rumahan berkuah, resep satu ini cocok sekali. Sup ayam kembang tahu sangat sesuai dan resep berikut diperuntukkan porsi 10 orang. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah; 1 ekor ayam kampung, wortel, kembang tahu; 2 buah tahu cina; 3 siung bawang putih; 2 liter air; 3 sdm saus tiram dan kecap asin; 1 sdt garam; setengah sdt gula serta lada halus; 3 sdm minyak goreng sebagai bahan tumisan bawang putih; 2 sdm minyak wijen; juga bawang goreng dan daun bawang sesuai selera.

Masakan kuah segar, sup ayam kembang tahu
Masakan kuah segar, sup ayam kembang tahu.
Sumber: Thegorbalsla

Pertama, pastikan ayam sudah bersih lalu rebus memakai panci dengan air selama kurang-lebih 13 menit. Gunakan air besar sampai daging ayam terlihat melunak, lalu tiriskan. Biarkan dingin secara alami, jangan dinginkan dengan mengipasi atau memasukkan ayam ke dalam freezer.

Kalau sudah dingin, suwir-suwir kecuali bagian kepala dan kaki ayam. Pastikan ukuran suwiran daging tidak terlalu besar, maupun kecil. Cukup yang sedang-sedang saja.

Setelah selesai dengan daging, tugas selanjutnya ialah mengurusi kembang tahu. Rendam kembang tahu menggunakan air hangat. Hindari air dingin atau panas karena akan menjadikan rasa kembang tahu jadi anyep atau malah hancur. Ketika kembang tahu jadi lemas, potong jadi bentuk persegi panjang seukuran ruas jari. Ukuran yang terlalu besar akan membuat bumbu sulit meresap sehingga rasanya tidak merata.

Berikutnya ialah memotong tahu ke dalam ukuran dadu-dadu kecil. Kalau sudah, tinggal menggorengnya sampai setengah matang menggunakan api sedang. Jangan sampai tahu jadi kisut karena digoreng terlalu lama, ya.

Berikutnya ialah memotong tahu ke dalam ukuran dadu-dadu kecil. Kalau sudah, tinggal menggorengnya sampai setengah matang menggunakan api sedang. Jangan sampai tahu jadi kisut karena digoreng terlalu lama, ya.

Potong wortel miring tipis, diikuti dengan merajang bawang putih. Tumis rajangan bawang putih hingga berbau harum, lalu masukkan daging ayam yang sudah disuwir diikuti kembang tahu goreng. Aduk-aduk sampai rata, kecilkan api kemudian campurkan saus tiram, kecap asin, garam, gula, lada, serta minyak wijen. Aduk sampai merata lalu masukkan ke panci kuah kaldu.

Tugas selanjutnya ialah memasukkan wortel serta kembang tahu. Tambah ukuran api kompor ke dari kecil ke sedang dan rebus sampai kuah mendidih. Taburkan bawang goreng dan daun bawang sesuai selera. Sup siap disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *