masakan rumahan berbagai macam

Masakan Rumahan Goyang Lidah dan Harga Murah

Posted on

Masakan rumahan punya tempat tersendiri di pojokan lidah orang-orang. Mau seberapa jauh kamu mencicipi makanan, posisi masakan rumahan tidak bakal bisa digeser. Soalnya ia menjadi kebiasaan yang akrab juga lekat di memori kita. Selain itu, dia juga batu pancang awal bagaimana lidah ini digunakan untuk menikmati rasa.

Kalau tidak percaya, cobalah pergi dari rumah beberapa waktu. Bisa berbulan-bulan memakan masakan yang tidak diolah oleh ibu atau orang rumah lain yang biasa memasak untuk kamu. Pasti kamu bakal didera “rindu yang begitu hebatnya” kalau kata grup band Dewa. Nah, rindu ini baru bisa diobati kalau sudah memakan masakan yang diinginkan.

Sayangnya, tidak semua masakan bisa mengobati rindu tersebut. Padahal kita pun tidak bisa mengabaikan lidah yang mendamba rasa spesial ini. Tenang, kita coba berikan pada kamu masakan-masakan rumahan berikut ini untuk mengobati “rindu yang begitu hebatnya”.

Masakan rumahan pertama; yang berkuah bikin segar

Berhubung harga-harga bahan makanan kian melambung tinggi, maka masakan rumahan jadi sangat dicari. Tipe masakan satu ini memang kerap dianggap murah-meriah namun dengan sensasi rasa yang akrab. Karena itu, akan aneh rasanya kalau makanan rumahan harus dibeli atau diperoleh dengan usaha keras dan harga mahal. Apalagi kalau soal jaminan gizi, jangan ditanya karena selain bernutrisi tetapi juga higienis.

Salah satu makanan rumahan yang bisa dimasak ialah sop. Sop merupakan sayuran dengan kuah yang segar dan cocok disantap dengan berbagai jenis lauk. Apalagi untuk seorang penyuka pedas, sop dan sambal adalah pasangan serasi. Salah satu sop yang banyak diminati ialah sop jagung.

Cara pembuatannya cukup mudah. Siapkan saja beberapa jenis bahan berikut; 100 gr daging ayam yang dipotong kubus kecil; 2 wortel ukuran sedang dipotong tipis; sebuah jagung manis; 1 sendok makan mentega; segelas susu cair; dan sebatang seledri. Bumbunya menggunakan: lada, bawang Bombay, penyedap, garam, gula, lada, juga pala.

Sup jagung dengan campuran susu dan keju
Sup jagung dengan campuran susu dan keju.
Sumber: YouTube

Proses pembuatan sop jagung pun sangat mudah. Pertama, kita rebus ayam hingga warnanya sudah tidak merah lagi. Semakin lama direbus, maka daging ayam pun semakin lunak. Cocok untuk kamu yang tidak mau repot mengunyah daging alot. Dilanjutkan dengan memarut biji jagung manis, tambahkan sesuai selera.

Setelah itu, kita bisa membuat bumbu sop dengan menumis bawang bombay bersama mentega. Masukkan ayam berikut wortel, lalu ditumis sampai mengeluarkan bau harum. Baru kemudian dicampur dengan sari jagung, keju, juga susu.

Bila sudah tercampur, masukkan lada, garam, penyedap, gula, serta pala. Langkah berikutnya ialah mengocok telur bersama seledri serta daun bawang. Kalau sudah, campurkan bersama tumisan lalu icipi apakah sudah cocok dengan lidahmu.

Memasak orek tempe

Ini nih, masakan yang ditunggu-tunggu di Jogja. Orek tempe mudah dijumpai sebagai lauk nasi kucing di angkringan. Rasanya begitu khas, apalagi harganya yang murah sehingga selalu ingin tambah sampai kenyang. Kamu juga bisa membuatnya dengan mudah, siapkan saja bahan-bahan seperti: tempe setengah kilogram, lengkuas yang kulitnya sudah dibersihkan 2 siung, selembar daun salam, minyak goreng, penyedap, garam, juga gula. Jangan lupakan untuk menyediakan kecap hitam.

Bagaimana cara membuatnya? Sabar, yuk ikuti langkah-langkah mudahnya sebagai berikut. Pertama, kita potong tempe menjadi ukuran dadu-dadu kecil. Dilanjutkan dengan menumis bawang putih di wajan bersama minyak goreng. Tumis sampai bau harumnya menguar di udara, lalu masukkan daun salam serta lengkuas.

Lanjutkan menumis sampai berubah warna. Kalau berubah warna, itu tandanya tumisan sudah matang. Baru setelahnya kita masukkan semua bahan ke dalam tumisan. Lanjut menumis dan jangan lupa memasukkan kecap secara perlahan, tambahkan pula airnya hingga matang. Masakan rumahan spesial bernama orek tempe sudah siap dihidangkan untuk santapan.

Bihun goreng sayur

Ini juga menu yang seringkali dikangenin, apalagi kalau hobi makan bihun. Untuk sedikit mengobati rasa rindumu, yuk masak bersama dengan resep berikut. Kamu perlu sabar menyiapkan bahannya karena membutuhkan banyak hal.

Bakmi rumahan dengan campuran sayur dan lauk
Bakmi rumahan dengan campuran sayur dan lauk.
Sumber: Selera Desaku

Nah, untuk masakan satu ini, kita perlu memberi perhatian ekstra. Pasalnya bihun agak “tricky” untuk dimasak. Kadang-kadang teksturnya menjadi kenyal, seringkali terlalu lembut. Jadi butuh takaran dan proses memasak yang benar-benar pas.

Pertama, kita siapkan bahan-bahan memasak. Bahan-bahan ini meliputi; bihun jagung yang sudah direndam air panas dan ditiriskan. Ingat, jangan direbus ya. Lalu. Sediakan juga; 2 butir telur; pakcoy (bisa diganti dengan daging, sosis, ati ampela, dan lain sebagainya); kol; kecap manis; penyedap rasa; minyak goreng; 6 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih; 3 butir kemir; juga cabai rawit sesuai selera pedas kamu.

Cara pembuatannya sederhana, tumis bumbu sampai harum dengan minyak goreng panas. Pastikan bumbu sudah dihaluskan terlebih dahulu agar aroma serta rasanya dapat meresap ke bihun. Dilanjutkan dengan memasukkan berbagai sayuran ke dalam tumisan lalu lanjut menumis sampai kisut. Sayur yang dipakai sebenarnya bisa bervariasi seperti wortel dan bayam, tetapi paling enak ialah kubis, sawi, atau wortel.

Lanjutkan dengan meminggirkan sayuran di wajan. Masukkan telur diorak-arik dengan campuran sedikit air secukupnya. Ikutkan juga lauk yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Agar lebih matang, masaklah dengan api sedang meskipun membutuhkan waktu agak lama. Cek juga lauk-pauk agar bumbu meresap ke dalamnya.

Terakhir baru kita pakai mencampurkan bihun ke dalamnya. Biarkan air yang sebelumnya ditumis, meresap ke dalam bihun sehingga bihun mengembang. Beri kecap serta penyedap rasa jika perlu. Icipi sampai cocok dengan lidah kamu, bila sudah sesuai lalu disajikan.

Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *