seorang wanita melakukan perawatan kulit dengan masker kopi

Masker Kopi: Tren, Manfaat, dan Cara Membuat

Posted on

Masker kopi bukanlah tren baru. Sudah sejak tahun 2015, orang-orang mulai memanfaatkan kopi untuk dibuat masker. Kejutan yang akan kamu temui adalah pengguna masker ini bukanlah kaum adam yang lekat dengan label pecinta kopi. Kaum hawa lah yang menggemarinya dan memperbincangkannya di media sosial populer macam Instagram.

Bagaimana masker kopi mulai menjadi tren yang dikenal masyarakat luas? Konon ceritanya cukup familiar dengan tren-tren yang lain di mana pionirnya justru berasal dari luar negeri. Pelakunya pun tidak lain dan tidak bukan adalah pemerhati kecantikan yang juga berpredikat sebagai “trendsetter”. Siapa lagi kalau bukan “beauty blogger”.

Para “beauty blogger” kenamaan, seringkali memperbincangkan sebuah produk perawatan dari Australia. Produk ini memiliki brand bernama Frank Body yang merupakan komoditas asli dari Melbourne. Frank Body mampu memberikan manfaat kecantikan yang membuat para “beauty blogger” puas.

Dari kepuasan itu, mereka kemudian merekomendasikan produk-produk Frank Body secara luas. Inilah asal muasal terkenalnya masker kopi di Indonesia.

Pro dan kontra

Ada fraksi kecantikan yang tidak suka mengonsumsi kopi. Alasannya karena kandungan kafein dalam kopi yang buruk untuk Kesehatan kulit. Mereka mempercayai kafein dapat menghilangkan keremajaan kulit dan memunculkan keriput lebih cepat daripada yang seharusnya?

Apakah demikian adanya? Sepertinya kita perlu membahas perihal ini daripada kamu ragu-ragu apakah benar-benar bermanfaat untuk kecantikan atau tidak.

Kopi memiliki kandungan flavonoid serta polivenol. Namun, faktor utama kenapa kopi bagus untuk kecantikan kulit ketika dibuat masker, adalah zat antioksidan. Kombinasi ketiganya berperan ampuh untuk menangkal radikal bebas sehingga keremajaan kulit dapat terjaga. Masalah-masalah seperti kulit kering, keriput, kusam, serta penuaan dini dapat teratasi.

Pendapat tersebut didukung Dr. Samantha Robare-Stout. Ia adalah seorang dokter kecantikan kulit dari Texas, Amerika Serikat. Poin utamanya adalah membuat kopi menjadi masker yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga tampak cerah dan awet muda.

Manfaat masker kopi

kopi sachet bersama madu bisa jadi kombinasi bahan masker yang bagus
Kopi sachet bersama madu bisa jadi kombinasi bahan masker yang bagus.
Sumber: blog.istyle.id

Pada sesi ini, kita bakal membahas manfaat kopi secara aktual bagi pengguna masker kopi. Dari tadi kita sudah berbicara soal kecantikan dan kecantikan terus. Memangnya kecantikan model apa yang bisa diberikan oleh masker kopi ketika digunakan secara rutin?

Kopi dapat memerangi bakteri jahat dengan kandungan-kandungan di dalamnya. Itu artinya iritasi, luka, dan infeksi akan dapat dinetralisir dengan pemakaian kopi secara teratur. Kandungan macam apa yang bisa mengatasi masalah tersebut? Itu adalah CGA kopi yang bersifat anti-inflamasi serta antibakteri.

Problematika jerawat sebenarnya termasuk dalam masalah luka kulit. Ini karena penumpukan lemak di bawah permukaan kulit butuh untuk dikeluarkan. Akibatnya permukaan kulit akan sobek dan menipis untuk menyediakan jalur keluarnya lemak. Luka tersebut dapat diatasi dengan sifat eksfoliasi bersama kemampuan anti-inflamasi dan antibakteri.

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel-sel kulit mati. Merekalah biang kerok yang membuat wajah tampak lebih kusam dan gelap. Ketika sel-sel kulit mati dihilangkan, sel-sel baru hasil regenerasi yang masih segar akan tampak. Wajah tampak lebih bersinar dan cerah.

Kembali lagi ke bahasan, masker kopi juga bagus untuk kamu yang punya masalah dengan lingkaran hitam dan tebal di bawah mata (bahasa lainnya adalah kantung mata). Kafein dalam kopi ternyata malah bermanfaat untuk menghilangkan lingkaran hitam tersebut. Ini dikarenakan kemampuan kafein untuk merelaksasikan pembuluh darah sehingga melebar dan aliran darah dapat bergerak dengan lebih lancar.

Lingkaran hitam disebabkan oleh pembuluh darah di sekitar wajah dan mata (khususnya) yang menyempit. Akibatnya permukaan kulit akan terlihat menghitam karena kuantitas aliran darah di area tersebut kurang. Itulah kenapa kita perlu merelaksasi pembuluh darah di area wajah bila ingin melakukan perawatan kecantikan secara sempurna, dengan memanfaatkan masker kopi.

Radang kulit pun juga demikian kasusnya. Peradangan disebabkan karena iritasi dan proses inflamasi. Kandungan anti inflamasi pada kopi pun sangat bagus untuk mengatasi masalah tersebut. Sifat anti inflamasi ini merupakan karakter natural asam klorogenat atau CGA yang disebutkan sebelumnya.

Manfaat CGA sebenarnya tidak cuma itu saja. Ada juga kemampuan untuk mengurangi penumpukan pigmen warna berlebih atau yang biasa disebut hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini biasa terjadi ketika kulit mengalami luka. Apabila dibiarkan, bagian kulit yang luka akan sembuh namun berbeda bentuknya dengan kulit sebelum luka. Bisa menjadi lebih tebal atau sebaliknya, dan berubah warna.

wanita cantik menampilkan kulit wajah setelah perawatan menggunakan masker kopi
Wanita cantik menampilkan kulit wajah setelah perawatan menggunakan masker kopi. Sumber: Jakarta Aesthetic Center

Masker kopi juga bagus untuk mencegah terjadinya kanker kulit. Penyebabnya karena kandungan vitamin B3 dalam dosis besar pada kopi. Vitamin B3 atau yang akrab disebut niasin, baru bisa muncul setelah kopi disangrai.

Niasin berasal dari senyawa trigonelin. Untuk mengeluarkan niasin, maka trigonelin perlu dipanaskan terlebih dahulu. Inilah kenapa proses sangrai penting untuk mendapatkan biji kopi yang bermanfaat untuk kecantikan. Niasin sendiri merupakan kandungan kopi yang bagus untuk mencegah masalah kanker kulit non-melanoma.

Manfaat terakhir dari masker kopi ialah menyamarkan selulit. Kuncinya kembali terletak pada kafein yang membantu melebarkan pembuluh darah dengan efek relaksasinya. Itu membuat masker kopi bagus untuk kecantikan kulit orang yang sedang menjalani diet atau ibu hamil yang baru melahirkan.

Cara membuat masker kopi

Pembuatan masker kopi bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Kita tinggal mencampurkan bubuk kopi bersama air lalu mengoleskannya ke wajah.

Bila menginginkan variasi dan manfaat ekstra, coba tambahkan bahan lain ke dalam campuran kopi dan air. Kamu bisa menambahkan bahan-bahan seperti minyak kelapa, madu, atau cuka apel. Wajah akan tampak lebih muda, cerah, dan bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *