wanita berambut pendek berkaos putih memegang buku

Meditasi Kristen: Info, Manfaat, dan Caranya

Posted on

Meditasi Kristen keberadaannya sukar dipahami sebagai bagian dari tata cara atau laku umat Kristiani. Ada yang mengikuti dan membolehkannya, tetapi tidak sedikit yang menentang. Ini beralasan karena ada kelompok yang menganggap bahwa meditasi dan agama merupakan irisan berbeda. Namun, bukan berarti bahwa kita tidak bisa menemukan benang merah dalam dua irisan tersebut.

Beragama secara utuh adalah bentuk pengolahan keyakinan agar bisa menyentuh spiritualitas manusia. Begitu juga dengan upaya untuk melakukan meditasi, yang mana dipandang sebagai metode olah spiritual. Bagaimanakah penjelasannya kedua irisan yang berbeda itu dapat bertemu dan menimbulkan singkronisasi dalam praktik olah spiritual yang bersifat transendental?

Pada bahasan ini, kita tidak akan berbicara terlalu panjang dan lebar mengenai hal itu. Tetapi mari kita coba uraikan pembahasannya lebih kepada nalar di mana kelompok yang menerima dan menolaknya. Mari, tanpa bertele-tele, kita bahas lebih jauh lagi dalam bait-bait berikut ini.

Meditasi Kristen dan informasi di dalamnya mengenai spiritualitas

Berbicara mengenai spiritualitas, bisa jadi hanya masyarakat Timur yang gemar mendalaminya sampai tuntas. Apalagi keterkaitan antara spiritualitas dengan keyakinan terhadap hal-hal transendental, sepertinya mengakar kuat dalam kebudayaan kita. Berbeda dengan mereka yang tidak pernah atau jarang dibahas. Spiritualitas bisa menyempit pemahamannya hanya seputar agama dan teks-teks di dalamnya.

Spiritualitas merupakan peningkatan olah batin yang berdampak hingga lapisan terluar. Misalkan saja, tingkah laku seseorang. Maka dalam praktik beragama Kristen, spiritualitas hendaknya mampu untuk meningkatkan kesejahteraan manusia karena perilaku umat menjadi lebih tertata dan berorientasi pada kemajuan di berbagai bidang.

Dalam bahasa Yunani, spiritualitas mempunyai empat kata yang tergabung di dalamnya. Empat kata itu adalah “psyche, pneuma, thumos, dan nous”. Psyche memiliki makna sebagai jiwa dan nilai-nilai abadi di dalamnya. Pneuma merujuk pada hubungan antara manusia dengan sesuatu yang lebih besar. Lalu ada juga thumos, yang berarti “passion” atau hasrat hidup macam keinginan, perasaan, juga semangat. Terakhir, nous, merupakan keterhubungan dengan kemampuan manusia mengolah informasi.

Meditasi menghadap matahari tenggelam
Meditasi menghadap matahari tenggelam.
Sumber: Wikipedia

Manfaat meditasi

Mari sekarang kita bicarakan manfaat-manfaat meditasi Kristen. Pada bagian ini, kita juga akan berbicara mengenai pertentangan yang ada saat berbicara tentang meditasi, apakah diperbolehkan atau tidak dalam agama Kristen.

Ada yang berkata meditasi adalah upaya untuk mengosongkan pikiran agar dapat terisi dengan energi positif. Sekaligus menyadari apa yang sebenarnya kita inginkan dalam kehidupan atau saat menghadapi masalah. Menurut beberapa orang, ini sangat tidak tepat karena sepatutnya kuasa diri sepenuhnya berada di tangan Tuhan. Daripada mengosongkan diri untuk mendengarkan suara diri sendiri, lebih baik melakukan doa agar lebih dekat kepada Tuhan.

Pendapat itu mungkin sekilas akan terasa benar. Tetapi kita juga perlu memikirkan bahwa sebagai ciptaan Tuhan, kita sebenarnya sudah dibekali dengan kompas kehidupan. Hanya saja karena urusan duniawi, seringkali kita tidak bisa melihat kompas dengan benar. Itulah kenapa kita harus mengosongkan diri agar dapat melihat kompas dengan jernih.

Selanjutnya adalah tata cara ketika melakukan meditasi. Ada pendapat yang berkata bahwa tata cara tersebut tidak ada tuntunannya dalam agama Allah. Lebih baik kita melakukan pengakuan dosa pada bilik Tuhan. Sekali lagi, pendapat tersebut bisa benar dan juga bisa tidak.

Manusia memiliki kompas kehidupan, pada titik ini yang dinamakan kompas kehidupan adalah nurani. Sayangnya, banyak orang yang melupakan nuraninya dan justru mencari kebenaran dari luar diri di mana mereka sendiri belum tentu mengerti dan mengetahui keadaan kita secara utuh. Justru yang mengetahui kebenaran sejati tentang apa yang kita lakukan, adalah nurani kita sendiri.

Maka untuk mencapai nurani yang benar-benar bersih, diperlukan sebuah upaya mengosongkannya dari sampah-sampah duniawi. Inilah pentingnya seseorang melakukan meditasi. Hanya saja pada titik ini, kita masih memerlukan pengawasa mutlak terhadap upaya untuk mengolah spiritual agar tidak berseberangan dengan kehendak Tuhan.

Maka diperlukan koridor-koridor yang mengatur akan lalu-lintas manusia dalam melakukan meditasi. Tujuannya agar kita tidak keluar dari kaidah-kaidah Tuhan. Untuk itu, baca bagian berikutnya agar bisa melakukan meditasi Kristen dengan benar.

Meditasi Kristen sebagai upaya olah spiritual
Meditasi Kristen sebagai upaya olah spiritual.
Sumber: Riliv

Cara melakukan meditasi yang sesuai

Ada cara-cara yang harus ditempuh agar dapat melakukan meditasi Kristen. Pertama, kuasai cara dasar yang menjadi pondasi untuk melakukan meditasi. Cara dasar tersebut ialah sebagai berikut.

Meditasi Kristen harus dilakukan dengan mengingat Tuhan dan kuasa-Nya di langit, bumi, kehidupan, serta kematian

Selalu mengatakan baik melalui lisan atau batin apa yang menjadi tanggung jawab-Nya

Pondasi terakhir, ialah menghayati apa yang sudah dilakukan-Nya dalam hidup kita

Bila tiga pondasi dasar tersebut sudah kita lakukan dan eratkan dengan kuat, maka tugas kita adalah melangkah pada sisi selanjutnya soal tata cara. Tata cara yang bisa diikuti untuk melakukan meditasi ialah sebagai berikut.

  • Menentukan waktu, menyiapkan fisik, serta menguatkan niat. Ketiganya merupakan langkah awal yang harus ditempuh agar tidak gagal di tengah jalan.
  • Memperhitungkan tempat yang sesuai. Jangan sampai meditasi yang sifatnya intim dengan Tuhan, malah menjadi hal yang diumbar ke manusia lain.
  • Pikirkan doa yang ingin dipanjatkan sebagai fokus pikiran. Penting untuk terfokus agar pikiran tidak ke mana-mana.
  • Tetapkan Tuhan sebagai tujuan. Jangan jadikan hal-hal lain sebagai pemberhentian.
  • Minta Tuhan untuk berikan pertolongan.
  • Sekaligus juga pengampunan terhadap dosa-dosa yang dilakukan baik sadar atau tidak.
  • Pegang teguh perkataan-Nya yang tercatat dalam kitab suci.
  • Tegaskan jalan apa yang ingin kita lalui untuk mencapai tujuan.
  • Bersyukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *