menu sarapan pagi sederhana rumahan

Menu Sarapan Pagi Sederhana Rumahan

Posted on

Menu sarapan pagi sederhana rumahan. Apa bayanganmu ketika membicarakannya? Berbagai menu sarapan serba ribet namun enak? Kini memasak sarapan tidak perlu ribet lagi dengan menu-menu ini.

Lagipula, jangan sampai kamu meninggalkan sarapan karena peran pentingnya sebagai pengisi energi untuk sepanjang hari. Dunia kesehatan pun sudah mewanti-wanti agar jangan sampai memulai aktivitas dengan lambung yang kosong.

Sayangnya, masih banyak orang yang melewatkan sarapan. Alasannya karena terlalu ribet ketika waktu yang tersedia mepet, apalagi untuk para pekerja yang harus masuk pagi tepat waktu. Ada juga yang beralasan kurang selera jika harus makan pagi karena perutnya belum siap. Untuk mengakalinya maka kita harus menyediakan menu ekstra lezat.

Menu ekstra lezat tidak selalu harus terbuat dari bahan-bahan yang mahal, juga bisa memberikan variasi makanan pokok di luar nasi. Jadi seperti apa menu-menu ekstra lezat yang bisa menggugah selera itu? Yuk, simak langsung pembahasannya berikut ini.

Menu Sarapan Pagi Sederhana Rumahan

Agar sarapan pagi lebih berselera, upayakan membuat menu dengan beragam sajian. Bisa dicoba selang-seling dengan berganti menu beberapa hari sekali. Selain itu, bila ada porsi lebih juga bisa dimanfaatkan untuk makan siang. Ini dia usulan menu-menu yang bisa dibuat agar makan pagi kamu jadi lebih menarik.

Menu sarapan pagi sederhana rumahan pertama: roti maryam

Roti ini rasanya gurih dan juga cukup mengenyangkan perut. Bahan pembuatnya pun cukup sederhana yaitu; setengah kg tepung cakra; 3 kuning telur; 100 gr margarin; setengah gelas minyak goreng; 50 gr minyak samin; 100 ml susu cair; 225 ml air hangat; garam; serta 200 gr margarin yang dicampur 50 ml minyak samin untuk dioleskan ke roti maryam.

Cara membuatnya sangat mudah. Campur bahan-bahan seperti tepung cakra, telur, margarin, garam, susu, dan air jadi satu lalu diuleni hingga merata. Masukkan minyak goreng dan minyak samin lalu uleni kembali hingga adonan mengkilap dan semua adonan tercampur.

roti maryam dengan tambahan irisan pisang, meses, dan potongan strawberry
Roti maryam dengan tambahan irisan pisang, meses, dan potongan strawberry.
Sumber: puding enak kota palu

Gunakan cling warp untuk membalut adonan hingga terkover semua lalu diamkan satu jam. Setelah itu, bagi adonan dengan patokan berat 50 gram dan olesi margarin serta minyak samin.  Gulung dan bentangkan memanjang semua adonan yang telah dibagi, selanjutnya biarkan satu jam lagi. Pipihkan tiap adonan lalu panggang dengan tingkat kematangan sesuai selera. Roti maryam siap disantap.

Lasagna

Makanan satu ini akan sangat mengenyangkan karena berisi kalori dan protein dalam jumlah besar. Ada tiga elemen yang harus disiapkan yaitu tumis daging, saus bechamel, dan lasagna. Tumis daging membutuhkan; 350 gr daging giling, setengah potong bawang bombay besar dicincang, 300 gr saus spageti bolognise, 4 sdm saus tomat, garam, dan merica.

Saus bechamel memerlukan; setengah potong bawang bombay dicincang; 2 sdm mentega; 1 sdm tepung terigu; 300 ml susu; 175 keju cheddar diparut; merica; seperempat sdt pala bubuk; juga garam secukupnya. Sedangkan bahan lainnya adalah pasta lasagna, keju mozzarella atau bisa diganti keju melt, dan parsley.

Cara membuatnya adalah dengan memasak tumis dagingnya dahulu. Tumis bawang bombay hingga layu diikuti dengan daging. Tunggu sampai berubah warna lalu masukkan saus dan bumbu.  Selanjutnya memasak saus yang diawali dengan menumis bawang bombay dan mentega, diikuti terigu, kemudian diaduk. Masukkan susu, keju parut, merica, pala, dan garam. Setelah itu, diaduk dengan api kecil sampai merata.

Proses terakhir adalah mengoles wadah dengan saus bechamel, ditutupi pasta lasagna sampai penuh. Oleskan lagi saus bechamel di permukaan diikuti daging cincang. Ulangi proses ini sebanyak dua kali.

Langkah berikutnya adalah menutupi lapisan atas dengan pasta lasagna yang diolesi saus bechamel. Tutup dengan keju mozzarella dan masukkan ke dalam oven dengan panas sedang selama 40 menit. Keluarkan lasagna dan biarkan mendingin dulu, baru siap disantap.

Omelet makaroni

Pembuatan omelet sangat gampang. Cocok dimakan selagi hangat dengan dicocol saus. Bisa juga ditambahkan mayonnaise.

Lasagna sedap yang sudah siap santap
Lasagna sedap yang sudah siap santap.
Sumber: K24Klik

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 3 butir telur, 3 sdm susu cair, 3 sdt tepung terigu, makaroni yang sudah lunak karena direbus, 1 batang iris halus daun bawang, 2 potong smoked beef, 1 sosis diiris tipis, garam, lada, dan penyedap rasa bila dibutuhkan.

Cara pembuatannya sangat mudah yaitu dimulai dengan melarutkan tepung terigu serta susu cair hingga rata. Masukkan bahan-bahan lainnya. Masak dengan teflon yang sudah diolesi margarin rata, gunakan api kecil saja. Omelet siap disantap.

Martabak lenggang ketan hitam

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk martabak lenggang ketan hitam mudah ditemukan di pasar. Menu ini juga bisa dimasak untuk camilan di luar jam sarapan. Yuk, langsung saja dibahas.

Untuk isian menggunakan; 150 ketan hitam yang telah bersih dan didiamkan semalaman; setengah sdr garam; dan 2 sdm gula pasir. Isian dimasak dengan mencampur ketan, santan, juga garam lalu dimasak dengan api kecil sampai setengah matang. Isian kemudian dikukus sampai matang setelah itu dicampurkan 2 sdm sambil diaduk hingga merata.

Bahan-bahannya adalah 250 gr tepung serbaguna; 2 sdm gula pasir; setengah sdt ragi instan; 1 butir telur; 500 ml air; juga garam secukupnya atau sesuai selera kalau kamu menyukai rasa yang cenderung gurih. Campur semua bahan tersebut lalu diblender sampai halus dan diamkan selama 60 menit. Tuang sesendok adonan ke teflon yang sudah dipanaskan tanpa minyak atau margarin.

Masak hingga bagian atas tidak menempel lalu dinginkan dan taruh bahan isian. Setelah itu dilipat sambil dirapatkan pinggir-pinggirnya.

Toppingnya memakai 100 gr kelapa parut kering, 100 gr gula pasir, 150 ml santan kental sedang, dan setengah sdt garam. Didihkan santan, gula, dan garam lalu campur kelapa parut, diaduk merata. Masak hingga santan mengering lalu dinginkan, baru setelah itu dituang ke atas martabak. Yummy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *