Resep frozen food nugget ayam atau nugget sapi

Resep Frozen Food Enak yang Laris Dijual

Posted on

Resep frozen food yang enak serta laris bila dijual dapat kamu temukan di artikel ini. Kita punya beragam resep yang pastinya bisa menggoyang lidah. Selain itu, tentu saja resep-resep makanan beku ini mudah dibuat dengan bahan baku yang gampang ditemukan. Sehingga tidak bakal kamu kesusahan untuk menempuh prosesnya dari awal sampai akhir. Bahkan resep-resep berikut bisa kamu modifikasi untuk memenuhi selera, siapa tahu malah bisa merintis karir sebagai seorang wirausahawan makanan beku yang sukses.

Makanan beku begitu disukai karena kepraktisannya, sehingga cocok untuk orang-orang dengan rutinitas padat namun tetap ingin asupan makanan bergizi. Apalagi kita tidak perlu khawatir dengan tanggal kadaluarsa karena bisa tahan sampai berbulan-bulan. Tidak perlu repot juga dengan peralatan seabrek karena makanan beku cenderung simpel untuk disajikan.

Sebelum itu, mungkin kamu bisa membaca artikel “Cara Membuat Frozen Food Enak untuk Pemula” Artikel tersebut sudah menyajikan dua resep frozen food enak yaitu galantine dan sosis gulung. Kalau resep-resep tersebut kurang menarik, yuk, tanpa basa-basi mari kita ulas resep-resep frozen food favorit lainnya.

Cireng bumbu rujak

Bahan utama yang harus disiapkan adalah; 200 gr tahu putih diremuk dengan garpu; 2 sdm tepung sagu; 1 sdt garam; 200 ml air; 200 gr tepung sagu; 1 batang irisan daun bawang; 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan; serta minyak goreng. Bahan pelengkap untuk bumbu rujaknya ialah; 50 ml air; garam; 1 lembar daun jeruk; 2 sdm asam jawa; seperempat sdt terasi goreng halus; cabai sesuai kesukaan; saus tomat; 2 bawang putih dicincang sampai halus; terakhir 200 gr gula jawa.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Tenang, mari kita ulas tuntas.

Kita perlu menggunakan wajan anti lengket. Bahan baku cemplungkan semua di dalamnya lalu diaduk sampai tidak ada endapan tepung. Kalau semua sudah diaduk, hidupkan kompor tetapi jaga api tetap kecil saja sampai adonan jadi kental semua.

Frozen food kaki lima yaitu cireng bumbu rujak
Frozen food kaki lima yaitu cireng bumbu rujak.
Sumber: Pinterest

Kalau sudah selesai, campur adonan ke tepung garing lalu aduk terus. Bila adonan menggeronjal tidak rata, biarkan saja. Agar cireng tidak alot saat disimpan ke freezer, adonan tidak perlu diuleni. Simpan adonan yang sudah selesai diaduk dalam bentuk kecil-kecil ke dalam freezer. Bentuk terbaik ialah cireng pipih.

Bila ingin menyantapnya, jangan langsung digoreng begitu dikeluarkan dari freezer. Diamkan saja sampai suhu ruangan lalu baru dimasukkan ke penggorengan. Setelah itu, kita bisa menyantapnya dengan dicocol atau dilumuri bumbu rujak.

Resep frozen food khusus dimsum

Siapa tidak kenal dimsum? Kalau iya, berarti kamu belum terkontaminasi K-pop. Dimsum merupakan resep frozen food terkenal dari negeri seribu gingseng. Kali ini kita akan membuat dimsum ayam jamur.

Bahannya mudah saja yaitu; 300 gr ayam; 30 gr jamur tiram yang sudah direndam; 1 butir telur diambil putihnya; 1 sdm tepung maizena; 1 sdm tepung tapioka; 3 siung bawang merah dan putih; 1 sdm saus tiram juga gula pasir serta minyak goreng; setengah sdm lada ditambah kaldu bubuk. Jangan lupa siapkan kulit dimsum yang bisa dibeli di warung atau pusat perbelanjaan terdekat.

Mari langsung kita masak. Pertama, cincang halus daging ayam dibarengi bawang merah juga putih hingga halus. Jamur tiram juga dicincang tipis-tipis dan digabung dengan cincangan daging ayam. Campurkan dengan mengaduk dua adonan tersebut sampai rata. 

Baru kemudian diisikan ke kulit dimsum lalu dibungkus dengan menekuk-nekuk pinggiran kulitnya. Setelah selesai membungkus semua adonan dengan kulit dimsum, kukus minimal setengah jam. Setelah dikukus baru didiamkan sampai dingin. Bisa langsung dimakan atau disimpan. Kalau mau dimakan, siapkan saus yang sekiranya cocok sesuai selera.

Resep makanan beku risol mayo

Makanan satu ini lebih simpel karena bahan bakunya tidak terlalu banyak dibandingkan dua resep sebelumnya. Untuk kulit risol, kamu butuh; 425 susu cair; ¼ sdt garam; 150 gr tepung terigu; 2 butir telur; serta 1 sdm minyak goreng. Siapkan juga bahan pelapis serta isinya.

Risol mayo yang isinya lumer dan kulit crunchy
Risol mayo yang isinya lumer dan kulit crunchy.
Sumber: Unilever Food Solutions

Bahan pelapis membutuhkan; adonan air; terigu; garam; serta tepung panir. Air, terigu, serta garam digunakan untuk merekatkan tepung panir dan memberi rasa gurih. Bila ingin rasa “crunchy”, perbanyak tepung panir. Sedangkan untuk isian memerlukan; smoked beef atau sosis; telur rebus; tumisan bawang Bombay; mayones disertai keju parut; dan keju cair.

Cara pembuatannya sebenarnya sederhana. Untuk kulit, campur serta aduk semua bahan. Lalu dimasukkan ke penggorengan yang diolesi margarin. Lebih bagus memakai teflon. Jangan membuat kulit terlalu tebal atau terlalu tipis, setelah itu adonan juga dimasukkan ke atasnya. Tinggal kemudian membungkus adonan dengan kulit yang sudah matang.

Nah, kalau sudah kita tinggal memasukkannya ke freezer. Kamu juga bisa menggorengnya langsung.

Nugget

Bahannya; ½ kg daging ayam/sapi; 100 gr wortel parut; 3 sdm tepung terigu; 3 sdm tepung tapioka; tepung panir; telur; irisan daun bawang; 5 siung bawang merah serta 3 siung bawang putih; ditambah lada juga penyedap rasa.

Kalau sudah, kita tinggal memasukkan bahan sesuai urutan. Pertama adalah menggabungkan daging, penyedap rasa, daun bawang, serta wortel. Cicipi, apabila sudah cocok, kita lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu memasukkan adonan ke Loyang untuk dikukus selama minimal setengah jam. Selesai dikukus, dinginkan dan dipotong-potong sesuai kebutuhan.

Nugget kemudian direndam ke kocokan telur. Bila sudah, bungkus dengan tepung panir. Nugget sudah siap dimasak, tinggal menyimpannya ke freezer atau digoreng langsung untuk dimakan.

Mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *