resep masakan rumahan murah meriah dan lezat yaitu oseng tempe kacang panjang

Resep Masakan Rumahan Murah Meriah

Posted on

Resep masakan rumahan murah meriah menjadi incaran para ibu rumah tangga. Tidak hanya ibu-ibu saja, sebenarnya malah banyak orang menginginkannya. Siapa juga yang tidak menyukainya? Rasanya akan membuat kita serasa dekat dengan keluarga karena menimbulkan atmosfir makan bersama.

Resep masakan rumahan murah meriah juga biasanya mudah dibuat dan bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapatkan. Jadi, kita tidak perlu kerepotan untuk mencari bahan-bahan masakan seperti ketika memasak menu makanan asing.

Harga bahan-bahan tersebut pastinya terjangkau karena bisa diperoleh dengan mudah di sekitar kita. Apalagi keuntungan lain berupa higienitas yang terjaga karena dimasak dengan alat, cara, dan bahan yang terjamin kualitasnya. Karena itu tanpa berbasa-basi lagi, mari kita bahas resep-resep masakan rumahan murah meriah.

Resep masakan rumahan murah meriah

Pastikan terlebih dahulu resep mana yang akan dimasak. Selain berpatokan pada resep, kamu juga bisa menghubungi orang yang masakannya dirindukan. Contohnya saja istri, saudara, atau ibu.  Tanyakan pada mereka untuk memberikan saran agar resep yang akan dimasak benar-benar sesuai dengan seleramu.

Untuk resep masakan yang pertama, kita coba untuk membahas tumis tauge tahu.

Tumis tauge tahu

Rasa tauge yang gurih dan renyah, sangat cocok dipadukan bersama tahu. Bahan-bahan yang diperlukan adalah; 250 gr tauge, lima tahu kuning yang sudah digoreng dan pastikan mengirisnya kecil-kecil; 4 siung bawang merah juga putih dirajang tipis; cabai merah besar sesuai selera; cabai rawit sesuai keinginan; 2 batang daun bawang dipotong memanjang; 2 sdm minyak goreng; juga garam, merica, serta kaldu secukupnya.

Untuk langkah memasaknya, adalah sebagai berikut;

Pertama, goreng tahu sampai kuning. Kedua, Panaskan minyak lalu tumis bawang merah dan putih. Ketika tumisan bawang sudah menguarkan wanginya, masukkan cabai dan teruskan menumis sampai warnanya berubah kuning. Ketiga, cemplungkan tauge bersama garam serta merica, disertai tauge. Keempat, masukkan tahu secara perlahan tetapi hati-hati jangan sampai tauge layu. Terakhir, tambahkan daun bawang lalu tumis sebentar. Tumis tauge tahu siap disajikan.

oseng tauge dan tahu
Oseng tauge dan tahu.
Sumber: YouTube

Sop rempah tulang sapi

Sop merupakan masakan sayur yang segar, apalagi dengan kehadiran tulang sapi. Jaminan gizi dan protein hewani dapat dihadirkan dengan resep ini. Bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut; setengah kg tulang sapi; 2 buah kentang serta 4 potong wortel; kapulaga juga cengkeh; bunga lawing; daun seledri; bawang goreng; minyak; serta air dan gula secukupnya. Untuk bahan halus, kita memerlukan; satu bonggol bawang putih; enam buah merica; dan jahe seujung kuku jempol.

Cara memasakanya akan kita ulas dengan rinci. Pastikan mengikuti langkah-langkahnya agar rasa sop rempah tulang sapi dapat dinikmati dengan maksimal. Pertama, rebus tulang sapi sampai terlihat lemaknya melumer dan daging yang masih tertempel melunak. Buang air rebusan, lalu isi lagi dengan air baru bersama wortel serta kentang yang dipotong sesuai selera untuk direbus lagi.

Kedua, biarkan rebusan tulang mendidih. Sambil menunggu, tumis bumbu halus bersama kapulaga, bunga lawang, serta cengkeh sampai harum. Ketiga, masukan tumisan ke dalam air rebusa tulang sapi. Rasakan sop apakah sudah sesuai dengan selera atau belum. Terakhir, masukkan bawang goreng bersama daun seledri serta daun bawang. Sop sudah siap disajikan.

Resep masakan rumahan murah meriah paling jelas: sayur asem

Sayur satu ini selalu punya pengagum rasa di dalam tiap keluarga. Apalagi sayur asem juga mudah dikombinasikan dengan lauk-pauk yang ada di sekitar kita. Memasak sayur asem juga mudah, bisa dimulai dengan menyiapkan bahan-bahan berupa; 100 gr kacang tanah; separuh labu siam; 3 tangkai kacang panjang; setengah potong jagung manis; daun melinjo dan buahnya; sebatang laos digeprek; empat butir asam jawa; beserta 3 lembar daun salam.

Untuk bumbunya, kita memerlukan; 10 siung bawang merah ukuran besar; 10 buah cabai merah atau disesuaikan selera pedasnya; 3 butir kemiri; terasi setengah bungkus; gula merah 50 gr; juga garam serta penyedap rasa. Cara memasaknya adalah diawali dengan merebus air, lalu ketika mendidih dimasukkan jagung, melinjo, kacang tanah, daun salam, asam Jawa, juga laos. Rebus sampai empuk.

Sayur asem dengan potongan jagung manis dan kuah pedas
Sayur asem dengan potongan jagung manis dan kuah pedas.
Sumber: Primarasa

Oseng tempe kacang panjang

Inilah lauk yang paling mudah dimasak dan cocok dimakan kapan saja: oseng tempe kacang panjang. Bahan yang diperlukan pun bisa dipastikan murah meriah yaitu; setengah kg kacang panjang; sdt ebi atau udang kering kecil; dua tempe biasa potong kecil; 5 siung bawang putih dan 4 siung bawang merah irisan tipis; cabai merah sesuai selera diiris menyerong; 3 lembar daun salam; seruas laos digeprek; dua batang serai; kecap ikan (bisa dipakai bisa tidak); gula merah, garam, juga penyedap rasa.

Cara memasaknya dimulai dengan menumis bawang putih bersama ebi, diikuti dengan memasukkan bawang merah, cabai, laos, serta salam sampai tumisan berbau harum. Ikuti dengan memasukkan tempe, tumis sampai kuning lalu dilanjutkan kacang panjang. Masukkan gula merah bersama garam, diikuti kecap.

Tumis bahan sampai matang dan kecap meresap. Jangan lupa memasukkan penyedap rasa bila dirasa kurang, tambahkan sampai rasanya sesuai selera lidah kamu. Akhirnya, oseng tempe kacang panjang siap disajikan. Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *