pria push up di samping pagar besi

Senam Kegel Pria: Manfaat dan Cara Melakukannya

Posted on

Senam kegel pria merupakan teknik latihan demi pengencangan otot panggul bawah atau PC (pubococcygeus). Untuk apa melakukannya? Salah satunya memperlama durasi ereksi. Kita sudah pernah membahasnya secara umum di artikel sebelumnya. Namun, belum secara spesifik seperti latihan apa yang seharusnya dilakukan serta bagaimana melakukannya dengan benar pada laki-laki.

Bagi yang sudah menikah, daya tahan ereksi bisa jadi faktor penting untuk rumah tangga yang bahagia. Apalagi bagi pasangan muda yang masih gemar memadu kasih di atas pulau kapuk bersama pasangan. Bagi yang belum menikah, durasi ereksi juga penting karena perlu dipersiapkan agar dapat menikmati percumbuan yang menggairahkan. Salah satu cara untuk memperlama durasi ereksi adalah berlatih senam kegel pria.

Meskipun begitu, perlu ada panduan agar dapat melakukan senam kegel dengan benar. Kalau tidak, jangan salahkan orang apabila badan malah jadi sakit semua setelah melakukan senam. Senam kegel sendiri pun manfaatnya tidak hanya soal durasi ereksi saja. Berikut pembahasan lengkapnya.

Senam kegel pria seperti apa?

Tujuan senam kegel yang utama adalah menguatkan otot panggul bawah (PC atau pubococcygeus). Otot panggul bawah yang kuat atau kencang, berpengaruh pada lancarnya aliran darah menuju alat kelamin. Akibatnya ereksi dapat terjadi secara maksimal dan ejakulasi  tidak terhalang. Selain itu, buang air kecil menjadi lancar karena proses pengosongan kandung kemih dapat terjadi dengan cepat.

Manfaat yang disebutkan sebelumnya, dapat dicapai asalkan otot panggul bawah kuat. Jadi untuk melatihnya, senam kegel perlu dilakukan secara rutin. Misalkan dengan frekuensi sebanyak tiga kali dalam kurun waktu seminggu atau dwi minggu. Secara penampilan, otot perut bawah sampai lutut juga akan mengencang sehingga tidak ada lagi daging yang menggelambir. Kita dapat tampil mengenakan celana “slim fit” dengan lebih nyaman.

Fokus latihan senam kegel adalah otot-otot bawah. Organ tubuh yang juga terpengaruh ialah kantong kemih serta usus besar. Sebenarnya otot-otot lain di sekitar organ-organ tersebut juga akan mengencang, hanya saja tidak terlalu kelihatan mata.

Senam kegel pria mengangkat tubuh bagian bawah
Senam kegel pria mengangkat tubuh bagian bawah.
Sumber: CakapCakap

Manfaat senam kegel akan langsung terasa pada tubuh. Kita bisa merasakannya langsung ketika membandingkan antara sebelum dan sesudah melakukan. Hanya saja, senam kegel akan menunjukkan manfaatnya dalam kurun waktu yang berbeda-beda pada setiap orang. Faktor yang paling berpengaruh adalah seberapa lentur otot bawah seseorang.

Ada yang merasakan manfaatnya langsung setelah melakukan senam kegel beberapa kali. Namun, ada juga yang baru mengetahui keuntungannya beberapa bulan setelah rutin berlatih. Itulah kenapa kita harus melakukan latihan dengan sabar. Cara termudah untuk merasakan manfaatnya, cukup dengan mengetes kelancaran buang air besar dan kecil. Tidak perlu melakukan aktivitas seksual dengan menghitung durasi ereksi sebelum ejakulasi.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan senam kegel pria

Kalau sudah baca penuh manfaat senam kegel dan tertarik, langkah selanjutnya adalah melakukannya dengan benar. Kenapa harus dilakukan dengan benar? Soalnya kalau tidak, badan kamu bakal sakit semua apalagi bagian tubuh bawah. Selain itu, manfaat yang diharapkan malah bakal sulit diperoleh. Karenanya, perhatikan bagian ini dengan seksama ya.

Masalah yang pertama dan paling sering muncul, ialah rasa sakit di bagian tubuh seperti perut. Kalau setelah senam tidak ada rasa sakit, itu artinya kamu berhasil melakukan senam kegel dengan baik. Rasa sakit ini termasuk pegal atau linu, meskipun itu hanya sedikit saja.

Bagian tubuh selain perut yang ikut merasakan sakit akibat salah melakukan senam kegel, adalah punggung. Secara spesifik ialah otot-otot di sekitar perut dan punggung, seperti sisi samping dan bokong. Untuk menghindari cedera, langsung hentikan aktivitas senam ketika rasa sakit muncul dan teliti kembali gerakan yang dilakukan. Jangan-jangan gerakan itu salah karena senam kegel yang benar justru tidak menimbulkan rasa sakit.

Rasa sakit biasanya muncul akibat otot-otot di bagian bawah yang terlalukencang. Apalagi ketika otot-otot tersebut beradu dengan alas senam yang keras seperti lantai. Jadi, lebih baik melakukan senam kegel dengan permukaan alas yang lembut.

Pria senam kegel dengan sikap kobra
Pria senam kegel dengan sikap kobra.
Sumber: Komering Online

Cara melakukan senam kegel yang benar

Nah, setelah persiapan dan hal-hal yang harus diantisipasi sudah kamu ketahui, sekarang kita beranjak untuk mempraktikannya. Secara garis besar, senam kegel pria dan wanita hampir sama. Itu artinya para pria bisa memakai panduan senam dari wanita, dan berlaku juga sebaliknya.

Pertama, mari kita pahami lebih dulu letak otot panggul. Otot ini akan ketahuan posisinya saat kamu menahan buang air kecil. Letaknya ada di dalam tubuh sehingga tidak bisa diraba dan sulit kalau dilihat dengan mata telanjang. Otot panggul merupakan otot yang dipakai untuk menahan kandung kemih mengeluarkan cairan kencing.

Kedua, rasakan bagaimana otot tersebut mengencang dan mengendur. Caranya seperti menahan buang air kecil dan mendorong air kencing agar keluar dengan cepat. Kalau sudah, ulangi proses mengencang dan mengendur tersebut dalam jangka waktu tertentu. Bisa mulai dengan menahan otot selama tiga atau lima detik, lalu secara gradual meningkatkan durasinya.

Agar tidak ngompol atau secara tidak sengaja buang air, pastikan sudah melaksanakan hajat sebelumnya. Jadi kandung kemih dan usus besar berada dalam posisi kosong. Bila sudah, barus kita bisa melakukan senam kegel dengan lega.

Selama melakukan proses senam, atur jalannya napas agar tidak tersengal-sengal. Napas yang tersengal dapat membatalkan konsentrasi yang dipakai mengatur gerak otot panggul. Pastikan hanya otot panggul yang bergerak, sementara otot lain di sekitarnya lentur. Kalau kamu sudah menguasainya, tinggal mengulang aktivitas ini dalam beberapa sesi atau frekuensi sesuai kebutuhan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *