Pemasangan cetakan gigi pada mulut perempuan

SP Perio Adalah Cabang Dokter Gigi, Ini Info Lengkapnya

Posted on

Sp perio adalah salah satu cabang spesialisasi dokter gigi yang memfokuskan diri dalam merawat jaringan pendukung gigi. Apa saja jaringan pendukung gigi manusia? Ternyata gigi bukan hanya sebuah bagian tulang untuk mengunyah saja. Ada jaringan-jaringan pendukung berupa gusi dan berbagai masalah yang ada di dalamnya

Sebelum kita bahas secara lebih lengkap tentang Sp perio atau spesialis periodonsia, lebih baik kita memahami lebih dulu dunia kedokteran gigi. Karena meskipun bergelar dokter, ada bermacam-macam cabang ilmu kesehatan. Misalnya dokter hewan dan dokter umum. Untuk kedokteran gigi terbagi ke dalam delapan spesialisasi yang dibahas sebagai berikut.

Delapan cabang spesialis kedokteran gigi

Pertama, ada dokter gigi yang berfokus pada keahlian bedah mulut. Bukan berarti mulut seseorang lantas bisa dibongkar ya, jangan salah paham dulu. Dokter gigi ini juga dikenal sebagai Sp bm (spesialis bedah mulut). Ia memiliki kompetensi utama untuk melakukan bedah di sekitar area mulut. Contohnya menanam implan gigi bagi yang giginya tandas, operasi gigi yang tidak merata atau sulit keluar dari gusi,serta menyelesaikan masalah rahang yang perlu pembedahan.

Kedua, kita juga mengenal Sp kga atau singkatan dari spesialisasi kedokteran gigi anak. Dokter gigi Sp kga tidak hanya belajar soal gigi anak, ya. Mereka juga mendalami psikologi anak untuk melakukan pendekatan kepada mereka. Butuh keahlian khusus karena gigi anak memerlukan ketelitian penanganan agar tidak menimbulkan kerusakan permanen sewaktu anak-anak sampai hari tua seseorang.

Ketiga, dokter gigi yang terspesialisasi pada Sp kg atau spesialis konservasi gigi. Bila kamu tidak ingin ada pengubahan atau tetap menjaga keaslian gigi, maka carilah dokter gigi bergelas Sp kg ini. Dokter spesialis Sp kg punya segudang cara agar seseorang tidak perlu membuang gigi aslinya. Ia melakukan perawatan mulai dari bermacam metode penambalan seperti onlay, inlau, veneer, dan crown. Cocok buat pecinta orisinalitas, termasuk pada bagian tubuh seperti gigi.

Empat, dokter gigi spesialis ortodonsia atau disingkat menjadi Sp ort. Apa lagi itu?

Pembersihan kotoran mulut pada gigi yang dipasangi behel
Pembersihan kotoran mulut pada gigi yang dipasangi behel.
Sumber: KlikDokter

Ini nih, dokter gigi spesialis yang paling ramai dicari anak muda waktu tren behel booming. Sp ort merupakan dokter gigi ahli pemantauan kelainan pertumbuhan gigi pada mulut secara khusus, dan muka pada umumnya. Dia belajar mengenai estetika wajah seseorang atau disebut dentofasial, termasuk cara mengatasi kelainan tersebut. Itulah kenapa Sp ort dekat dengan aktivitas pemasangan behel yang memang bertujuan merapikan gigi agar estetis atau enak dipandang.

Sp perio adalah spesialis pemeliharaan jaringan yang mendukung berdirinya gigi. Kita juga mengenal Sp pros atau spesialis prostodonsia atau yang mengkonstruksi ulang gigi. Spesialis dokter gigi nomor lima ini, punya segudang gigi palsu untuk menggantikan gigi asli yang telah tandas. Contohnya gigi tiruan, implan, veneer, lepasan, cekat, dan lain sebagainya. Hampir sama seperti Sp perio, Sp pros juga merekonstruksi gigi dengan mempelajari jaringan pendukungnya.

Lalu ada juga dokter gigi yang mempelajari penyakit-penyakit di area mulut yang dikenal dengan Sp  pm. Mulut juga sama seperti jaringan organ lain di tubuh yang rentan terkena penyakit. Misal produksi liur berlebih, luka, infeksi mulut, serta mikroorganisme yang mengancam Kesehatan mulut. Akibatnya macam-macam, contohnya bau mulut tak sedap dan pertumbuhan jamur berlebih pada lidah seseorang.

Tujuh, dunia kedokteran gigi juga berbicara tentang radiologi kedokteran gigi atau Sp rkg. Dokter gigi spesialis ini, punya keahlian menafsirkan atau menjabarkan analisis grafik radiologi gigi. Kepentingannya adalah mengetahui gejala dan masalah apa yang terjadi pada area mulut seseorang.

Terakhir, Sp perio seperti yang sudah diulas sebelumnya. Kalau kamu masih belum puas, kita ulangi lagi ya. Sp perio adalah spesialis dokter gigi dengan keahlian perawatan dan penyelesaian masalah pada jaringan pendukung gigi macam gusi. Gusi penting, karena menjadi ruang tumbuh gigi dan wadah syaraf antara gigi dengan tubuh.

Drg Yany Widyastuti Sp Perio adalah dokter spesialis perawatan jaringan pendukung gigi
Drg Yany Widyastuti Sp Perio adalah dokter spesialis perawatan jaringan pendukung gigi. Sumber: RS. Azra

Sp perio adalah salah satu dari delapan percabangan dokter gigi

Banyak masalah yang terjadi di jaringan pendukung gigi. Itu sebabnya Sp perio adalah profesi yang penting. Coba kalau kamu menghadapi gusi berdarah, karang gusi, atau radang, siapa yang akan kamu cari? Sudah pasti seorang dokter gigi yang bergelar Sp perio adalah tujuan pasti untuk didatangi.

Apakah tugas Sp perio adalah menangani hal-hal seperti penyakit gusi saja? Jawabannya tidak karena ada banyak pembahasan pada jaringan pendukung gigi sampai yang terberat, ada bedah periodontal.

Bedah periodontal ialah cara memotong jaringan gusi. Perlu ketelitian dan keahlian agar jaringan yang dipotong dapat rapi secara estetis, tetapi juga membuat jaringan di sekitarnya berfungsi normal ke depannya. Biasanya bedah periodontal dilakukan sebagai langkah antisipasi atau penanganan beberapa masalah gawat pada gusi. Contohnya sebagai berikut.

  • Sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit periodontal yang bisa menular ke jaringan lain dalam mulut
  • Sebagai langkah menyiapkan ruang implan gigi sehingga gigi yang dipasang dapat diposisikan secara sempurna, baik secara estetika maupun fungsi
  • Bentuk pembenaran pada susunan rahang sebagai upaya untuk mengatasi masalah periodontal, baik secara tampilan estetika yang mengganggu maupun adanya halangan untuk meletakkan alat prostetik

Sebelum dilakukan pembedahan, tentu ada terapi untuk mempersiapkan mental dan fisik pasien. Teknik bedah periodontal sendiri terdiri dari dua macam yaitu; bedah reduksi poket; dan pembenaran cacat morfologi. Apakah kamu sudah pernah merasakannya?

Dunia bedah jaringan dalam mulut memang sangat sulit. Ada dua pertimbangan di sana, yaitu estetika berupa visual atau tampilan mulut; juga fungsi jaringan dalam mulut sebagai alat mengunyah makanan. Jadi kalau kamu punya mulut berisi gusi sehat dan gigi yang tertata cantik, syukuri selalu dengan merawatnya ya. Minimal sikat gigi rutin agar gigi terbebas dari kotoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *